Binkam

Ratusan Personel Polres Banyumas Amankan Festival Kentongan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Polda Jateng, Banyumas – Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar festival kentongan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah.

Untuk kelancaran jalanya acara tersebut Polres Banyumas menerjunkan 300 personilnya yang terdiri dari jajaran Polsek, Polres Banyumas yang di tempatkan dibeberapa titik dimulai dari Alun-Alun sepanjang jalan Jenderal Sudirman Purwokerto menuju finish di Pasar Wage Purwokerto Sabtu ( 24/08/2019 ).

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun melalui Kabag Ops Kompol Zaenal Arifin mengatakan bahwa, kegiatan festival kentongan yang digelar dihadiri ribuan penonton. Oleh sebab itu dilakukan pengamanan untuk menjamin kelancaran kegiatan festival kentongan.

“Dalam pengamanan personel Polres Banyumas dibantu jajaran Polsek, sebanyak 300 personel Sesuai Surat Perintah Kapolres Banyumas.

Sementara itu Pejabat Utama Bupati Banyumas yang membuka acara mengatakan bahwa festival kentongan atau seni dengan memakai peralatan musik dari bambu tersebut sengaja digelar pada malam hari dengan harapan dapat menghidupkan wisata malam di Kota Purwokerto.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan pihaknya juga melibatkan berbagai pemangku kepentingan di bidang pariwisata seperti biro perjalanan wisata, hotel, dan restoran untuk ikut serta mempromosikan festival kentongan tersebut.

“Kami berharap para pelaku wisata atau stakeholder kepariwisataan bisa mempromosikan pergelaran festival kentongan kepada para wisatawan maupun tamu-tamu hotel sehingga kegiatan tersebut makin meriah,” ucapnya.

Selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, kata dia, festival kentongan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia itu juga ditujukan untuk melestarikan musik kentongan sebagai salah satu seni tradisi Banyumas.

Dengan demikian, lanjut dia, musik kentongan dapat terus berkembang dan dapat menggairahkan industri kerajinan kentongan maupun aksesori pendukungnya.

Disinggung mengenai jumlah peserta yang akan mengikuti festival tersebut, dia mengatakan pihaknya membatasi sebanyak 26 grup kentongan yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Banyumas dari 27 Kecamatan.

(PID Promoter Humas Polres Banyumas)

Berita Terkait