Yanmas

Kapolres Hadiri Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tingkat Kabupaten Pekalongan

Polres Pekalongan – Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id I Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K., M.H., pagi tadi, Senin (06/05) Bersama unsur Forkopimda Kabupaten Pekalongan mengikuti upacara peringatan hari Pendidikan nasional, yang dilaksanakan di lapangan Sekda Kabupaten Pekalongan.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Pekalongan Hj. Fadia Arafiq, S.E., M.M. Dalam kesempatan itu, beliau membacakan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Disampaikan Bupati, bahwa gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kita tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia.

“Bukan hal yang mudah untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar. Bukan tugas yang sederhana untuk mengubah perspektif tentang proses pembelajaran. Pada awal perjalanan, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan,” ujarnya.

Lanjutnya, kini perubahan di sekitar kita sudah dirasakan, digerakkan bersama-sama dengan langkah yang serempak dan serentak. Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang kita bangun bersama dengan gerakan Merdeka Belajar.

“Kita sudah mendengar lagi anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas. Kita sudah melihat lagi guru-guru yang berani mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya. Kita sudah menyaksikan lagi para mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus. Dan kita sudah merayakan lagi semarak karya-karya yang kreatif karena seniman dan pelaku budaya terus didukung untuk berekspresi,” kata Fadia.

Dirinya menyampaikan, kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang telah kita jalankan harus diteruskan sebagai gerakan yang berkelanjutan. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus bergotong royong menyemarakkan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar,” ungkap Fadia.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati didampingi unsur Forkopimda menyerahkan bantuan, diantaranya lomba Mapsi SD dan SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2023, santunan kematian serta santunan kepada putra putri anggota Dharma Wanita persatuan di lingkungan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan.

Dalam pernyataannya terkait peringatan Hardiknas 2024, Bupati Arafiq berharap agar Kabupaten Pekalongan dapat terus mengukir prestasi, terutama di tingkat Jawa Tengah.  Lebih lanjut, beliau juga menghimbau kepada para siswa di Kabupaten Pekalongan untuk menjaga nama baik serta menghindari perilaku tawuran.

“Untuk anak-anak Kabupaten Pekalongan, saya menghimbau agar menjaga nama baik Kabupaten Pekalongan, menjaga nama baik orang tua, menjaga keselamatan, menjaga pergaulan karena apapun yang kita lakukan apalagi tawuran itu bisa memalukan diri kita dan membahayakan diri kita semuanya,” kata dia. (afk)

 

Berita Terkait