Binmas

Bhabinkamtibmas Ngerjo Polres Kendal Sulap Limbah Kayu Jadi Rak Bunga Cantik

Polres Kendal – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Bripka Nur Khozin Bhabinkamtibmas Desa Ngerjo Polsek Gemuh Polres Kendal selain sebagai anggota Polri punya keterampilan unik yang bisa menyulap limbah kayu sisa penggergajian mebel menjadi rak-rak cantik yang bisa dipakai untuk pot bunga maupun tempat koran.

Selain kesehariannya sebagai Bhabinkamtibmas Polri, usai melaksanakan kegiatan sambang ke masyarakat ataupun pembinaan ke desa-desa, waktu yang ada ia manfaatkan untuk menghasilkan sesuatu yang produktif.

Bripka Nur Khozin menuturkan di lingkungan tempat tinggalnya terdapat beberapa perusahaan mebel dan penggergajian kayu, dari situ ia melihat ada hal-hal yang bisa dimanfaatkan yakni limbah kayu produksi mebel untuk dijadikan benda yang bermanfaat baik secara estetika maupun ekonomi.

“Melihat adanya peluang tersebut, saya manfaatkan kayu limbah penggergajian dan limbah pertukangan mebel untuk di jadikan rak pot bunga dan tempat koran yang bisa bernilai jual”, katanya.

Ia juga menceritakan tiap sore selesai dinas ia mengambil limbah-limbah kayu tersebut dari tempat pembuatan mebel, kemudian di bawa ke rumah untuk pengolahan selanjutnya.

Namun keterampilan yang dimilikinya tersebut, ia tidak ingin hanya bermanfaat bagi dirinya sendiri. Sebagai Bhabinkamtibmas yang sering bertemu dengan warganya, ia sangat paham dengan kondisi mereka yang sebagian belum mempunyai penghasilan tetap. Atas dasar itulah, bagi warga maupun pemuda yang belum punya pekerjaan tetap ia rangkul mereka dan diajak untuk membantunya mengolah limbah kayu menjadi rak-rak bunga tersebut.

“Saya latih mereka sesuai keterampilan yang saya miliki mulai dari dari proses tahap awal, proses produksi sampai pemasaran dari hasil produksi itu sendiri”, ungkap Nur Khozin.

Dalam benak Bripka Nur Khozin, dengan keterampilan yang dimilikinya dan sebagai anggota Polri, ia ingin bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Dengan kedekatan bersama warganya, ia juga akan lebih mudah dalam memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat sehingga bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat baik dalam hukum maupun kehidupan sosial sehari-hari.Bhabinkamtibmas Ngerjo Polres Kendal Sulap Limbah Kayu Jadi Rak Bunga Cantik

Berita Terkait