FeaturedPolairud

Ditpolairud Polda Jateng Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Selam

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng gelar pembukaan pelatihan dan sertifikasi selam (Open Water Scuba Diving Certification) di Mako Ditpolairud Polda Jateng. Senin (17/06/2019).

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi selam ini merupakan program untuk mendapatkan sertifikat keahlian dalam bidang selam untuk level pemula.

Kegiatan pertama yakni pemberian materi pengetahuan penyelaman, pengenalan alat selam, fisik penyelaman, aspek medis penyelaman, biota berbahaya dan tabel penyelaman. Kegiatan kedua LKK (Latihan Keterampilan Kolam) latihan keterampilan kolam ini dilakukan untuk melatih kemampuan dasar menyelam serta diajarkan untuk beradaptasi dengan alat-alat selam yang digunakan.

Kegiatan ketiga Latihan Perairan Terbuka (LPT) latihan perairan terbuka ini melanjutkan materi dan praktek dari latihan keterampilan kolam yang direncanakan di Pulau Karimunjawa Jepara.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini dilaksanakan selama 5 hari, dimulai dari tanggal 17 sampai dengan tanggal 21 Juni 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 42 orang yang terdiri dari Polki, Polwan dan serta PNS Polri. Instruktur pelatihan ini dari Tim Scuba Diving International Ditpolair Koorpolairud Baharkam Polri.

Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol Risnanto, S.I.K., M.Si. dalam pembukaan pelatihan dan sertifikasi menyampaikan tugas dan tanggung jawab kita sebagai anggota Polri kedepannya semakin besar khususnya Ditpolairud Polda Jateng yang dituntut untuk membangun minat dan keterampilan, profesionalisme dan kemandirian aktifitas bawah air agar dapat mengamankan wilayah hukum di perairan seperti olah tempat kejadian perkara, SAR, pemeliharaan bangunan kapal, guna antisipasi maka diadakanlah pelatihan selam Polri di Ditpolairud Polda Jateng.

“Peserta harus mengikuti arahan dari instruktur jangan main-main saat latihan, perhatikan kondisi fisik dan mental, jangan memaksakan diri melakukan selam tanpa sesuai prosedur karena bisa berakibat fatal sampai berujung mengakibatkan kehilangan nyawa, faktor keamanan dan keselamatan menjadi hal yang diutamakan,” pesan Dirpolairud Polda Jateng.

PID Ditpolairud Polda Jateng

Berita Terkait