Pembinaan Personel

Biro SDM Polda Jateng Tingkatkan Kemampuan Konselor Polri dan Kaderisasi

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kota Semarang – Sebagai anggota Polri, tekanan dan tuntutan dalam tugas sangatlah melekat dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, bahkan hingga mengancam jiwa dan raga personil itu sendiri. Hal ini tentunya menimbulkan beban psikis tersendiri bagi setiap anggota Polri. Tak lepas dari hal itu, Polri yang dekat dengan masyarakat tatkala terjadi bencana alam/musibah harus mampu memberikan trauma healing (pemulihan trauma) terhadap masyarakat terdampak bencana.

Berangkat dari hal tersebut, Bagpsikologi Biro Sumber Daya Manusia Polda Jawa Tengah mengadakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Pendampingan Psikologi bagi Konselor Polda Jateng Tahun 2018. Kegiatan berlangsung sejak Senin (3/12/2018) hingga Rabu (5/12/2018) bertempat di Hotel Noormans Jl. Dr. Wahidin No 112 Semarang.

Peserta merupakan konselor yang berada di Polres jajaran dan calon konselor sejumlah 110 personel. Para konselor ini merupakan kepanjangan tangan dari Bagpsikologi Polda di wilayah untuk memberikan PFA (Psichological First Aid) atau tindakan psikologi awal terhadap anggota atau masyarakat yang mengalami musibah.

Hadir sebagai penyaji materi Psikolog berkompeten, Siswanto, S.Psi, M.Psi dan Indra Dwi Purnomo, S.Psi, M.Psi. Keduanya merupakan dosen Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang. Materi yang diberikan berkaitan tentang Traumatology, Gejala rauma pada anak, remaja, dan dewasa, serta Teknik Stabilisasi Emosi pada anak.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini, Peningkatan Kemampuan Pendampingan Psikologi bagi Konselor Polda Tahun 2018 adalah agar konselor lebih mampu dalam memberikan konseling pada anggota Polri, PNS Polri serta masyarakat yang membutuhkan dan terkena bencana alam atau musibah lain.

PID Biro SDM Polda Jateng

Berita Terkait