Binkam

Ini Komitmen Stakeholder Wonosobo Tanggulangi Balon Udara Liar

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Wonosobo – Polres Wonosobo mengamankan 16 balon udara dengan rata-rata diameter 5 meter hingga 8 meter diamankan dari beberapa desa di Kecamatan Wonosobo. Turut diamankan pula 9 pelaku yang tertangkap tangan sedang berusaha menerbangkan balon tersebut. Dari 9 pelaku itu, 6 diantaranya masih anak-anak.

Mengenai hal itu, Komandan Kodim 0707 Wonosobo Letkol Czi. Fauzan Fadli yang juga berkomitmen untuk pengendalian penerbangan balon udara di Wonosobo. “Beberapa sudah kami tangkap dan peringatkan tentang penerbangan balon udara ini. Semoga ini menjadi shock terapi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap keselamatan penerbangan karena sekali pesawat menabrak balon udara, dipastikan berakibat fatal,” kata Dandim.

Sementara itu, menurut Kadisop Lanud Jendral Sudirman Purbalingga, Mayor Naharudin , pagi ini saja, ada komplain mengenai balon udara ini dari 71 pilot pesawat. “Balon ini sangat beresiko sekali karena saat menyangkut ke alat kemudi pesawat akan mengganggu. Apalagi jika masuk ke mesin pesawat yang bisa menyebabkan kebakaran, dimana sangat berbahaya jika mesin terganggu, maka dipastikan celaka,” ungkapnya. (hms)

Berita Terkait