Binmas

Komunitas Media Sosial Deklarasikan ICW

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Wonogiri – Komunitas masyarakat pencinta media sosial (medsos) yang tergabung dalam wadah Informasi Cegatan Wonogiri (ICW), dihimbau untuk dapat memberikan peran positif dalam penyebaran informasi. Yakni dengan menjauhi penyebaran hoax, fitnah, dan ujaran kebencian.

Demikian ditegaskan Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede, SIK, MIK melalui Kasubag Humas Polres Wonogiri AKP Hariyanto, ketika memberikan sambutan dalam acara deklarasi ICW. Acara deklarasi digelar di pelataran Terminal Bus Induk lama Wonogiri, yang terletak di Lingkungan Klampisan, Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Wonogiri.

Jajaran Polres Wonogiri, menyambut baik dan mengapresiasi kemunculan komunitas group medsos yang tergabung dalam wadah ICW. ”Kami berharap, ICW dapat memberikan peran positif dalam penyebaran informasi kepada masyarakat, secara bertanggungjawab, dengan tetap mengedepankan penanaman paseduluran, sosial kemasyarakatan, dan pemberadayaan masyarakat, juga melalui aksi amal yang selama ini telah dilakukan,” tegas AKP Hariyanto.

Dilihat dari fungsinya, ICW dengan lembaga Humas memiliki kemiripan, utamanya dalam penyebaran informasi ke masyarakat. Terkait ini, Paur Subag Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono, menambahkan, penyebaran informasi yang dilakukan oleh komunitas medsos ICW, lebih menekankan untuk mengingatkan kepada warga masyarakat, agar lebih waspada bila berkendara di jalan raya.

”Perisiapkan dokumen surat kendaraan dan kelengkapan lainnya, sebelum memulai berkendaraan di jalan raya. Kedepankan aspek keselamatan dan ketertiban untuk keamanan dan kelancaran,” tegasnya. Dengan telah dideklarasikan wadah ICW, diharapkan dapat lebih berperan nyata dalam membantu institusi kepolisian, utamanya untuk mengurangi angka kecelakaan dan mecegah tindak kriminalitas.

Kepada semua anggota ICW, diserukan untuk menghindari penyebaran informasi hoax kepada warga masyarakat, kelola akun ICW dengan baik, bersikaplah netral, tidak memihak, dan tidak berpolitik. Utamakan penyebaran informasi yang bersifat sosial kemasyarakatan, dan jauhi hal-hal yang mengarah ke SARA. Demi ikut mendukung kondusivitas daerah, serta dalam ikut serta ‘sesarengan mbangun’ Wonogiri.

Ketua Pelaksana Deklarasi, Sutarno, menyatakan, melalui acara deklarasi ini, institusi ICW dapat makin dikenal masyarakat. ”Kami yang tergabung dalam ICW, bukan hanya bergerak pada pemberian informasi mengenai cegatan Wonogiri, namun juga bergerak di bidang kemasyarakatan, sosial, pemberdayaan dan paseduluran yang menjunjung tinggi kerukunan dan gotong royong. Yang itu kami lakukan dengan niat ibadah, ikhlas, rela berkorban dan tidak bersikap setengah-setengah,” jelasnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

Berita Terkait