Samapta

Polres Pekalongan Terima Bantuan 3 Satwa Anjing K-9

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Pekalongan – Kepolisian Resor Pekalongan kemarin siang Rabu (6/12/2017) telah menerima bantuan 3 satwa anjing K-9 dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri di bandara Ahmad yani Semarang.

Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Sabhara AKP Prisandi Tiar, S.T., S.Kom mengatakan bahwa akhirnya Polres Pekalongan bisa memiliki Unit keamanan yang melibatkan satwa anjing K-9 dalam setiap kerjanya.

Adapun jenis satwa anjing yang diserahkan ke Polres Pekalongan  2 diantaranya  2 ekor anjing ras Malionis dan 1 ekor anjing ras Herder. Ketiga satwa anjing tersebut berkelamin betina.

Kasat Sabhara Polres Pekalongan AKP Prisandi Tiar, S.T., S.Kom mengatakan bahwa anjing jenis Herder secara khusus akan diberi latihan guna untuk mengantisipasi demo anarkis guna membantu tugas Kepolisian khususnya bidang penanggulangan massa. Anjing terlatih ini nantinya akan diturunkan jika keadaan dan kondisi yang benar-benar tidak kondusif.

Sementara untuk anjing jenis ras Malinois yang memiliki badan yang lebih ramping dan lebih kecil, nantinya dimanfaatkan untuk menjadi detektor kebakaran, narkoba, dan bahkan bisa mencium keberadaan orang yang menjadi korban perdagangan manusia, tutur AKP Prisandi.

Kasat Sabhara mengatakan, anjing memiliki kelebihan sendiri dalam hal indera penciuman hingga ratusan kali dari indera penciuman manusia, bahkan bisa dalam radius beberapa ratus meter. “Anjing ini nantinya yang akan membantu Satreskoba saat akan turun ke lapangan,” ungkapnya.

Unit Satwa K9 yang di miliki Polres Pekalongan juga dipastikan akan ikut dalam kegiatan razia Satlantas Polres Pekalongan. Hal ini untuk mengetahui ada tidaknya pengendara yang membawa sabu-sabu saat razia digelar, tambah Kasat Sabhara. (Yuli-Er$hi)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Berita Terkait