BinkamSamapta

Tanah Longsor di Lereng Gunung Merbabu Magelang Dua Orang Luka-Luka

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Magelang – Hujan turun terus menerus di Wilayah Magelang khususnya lereng Gunung Merbabu, Selasa, 28/11, mengakibatkan sekitar pukul 22.30 wib dua rumah warga Geratan, Wonolelo, Sawangan Magelang rusak terkena longsoran.

Korban bernama Kamto (50) mengatakan bahwa saat itu wilayahnya yang berada di lereng gunung merbabu dari malam hingga malam lagi turun hujan terus menerus dengan kapasitas sedang, tiba tiba saat dia tertidur bersama keluarga terdengar suara grug, yang berasal dari longsoran  tebing  belakang rumahnya setinggi 5 meter, panjang 10 meter dan lebar 3 meter sehingga menimpa rumahnya, terangnya.

Dari kejadian tersebut dua orang masing masing Sarno (40) dan Sarkini (35), Petani warga geratan  Wonolelo Kecamatan Sawangan mengalami Luka ringan karena tertimpa reruntuhan rumahnya dan telah dibawa ke RSU Muntilan,setelah diperiksa dokter disarankan untuk berobat jalan.


Kepala Desa Wonolelo Supomo menerangkan bahwa Dusun Geratan, Desa Wonoleleo Sawangan merupakan dusun berada dilereng gunung Merbabu dan padat dengan pemukiman penduduk sehingga serapan air sudah banyak berkurang, bilamana terguyur hujan terus menerus dari atas bukit akan rawan terjadinya longsor, ungkapnya.


Kapolsek Sawangan Ajun Komisari Polisi  Drs. Margito mengatakan untuk antisipasi longsoran susulan bilamana hujan terus menerus turun diharapkan warga masyarakat sekitaran lereng merbabu untuk selalu waspada, dan saat tidur untuk sementara bisa pindah numpang ke rumah penduduk lain sekiranya rumahnya rawan kena longsor, tegasnya.

 

Untuk meringankan beban korban pagi ini (29/11) Polsek Sawangan dipimpin oleh Kanit Sabhara Ipda Ismail melaksankan kerja bhakti bersama dengan relawan dan warga masyarakat guna membersihkan tanah longsoran dan melakukan pendataan kerugian yang di alami korban, pungkasnya.

 

Penulis : Wahyu

Berita Terkait