BinkamBinmas

Hadiri Deklarasi Pencegahan Bully di SD 01 Muhammadiyah Wiradesa, Aiptu Agus Budiyanto Sampaikan Ini

Polres Pekalongan – Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id I Kanit Binmas Polsek Wiradesa Aiptu Agus Budiyanto, S.H menghadiri kegiatan deklarasi pencegahan bully di SD 01 Muhammadiyah Wiradesa, Sabtu (26/08). Acara tersebut juga dihadiri oleh Korwil Pendidikan Wiradesa, Lurah Bener dan Ketua Komite SD 01 Wiradesa serta para siswa-siswi.

Dalam kesempatan itu, Aiptu Agus menerangkan kepada para siswa-siswi bahwa bullying atau perundungan adalah perilaku tidak menyenangkan yang dilakukan seseorang atau kelompok baik secara fisik, verbal, maupun sosial kepada orang lain atau kelompok lain. “Dan itu bisa di dunia nyata maupun dunia maya. Perilaku ini dapat berdampak secara fisik maupun mental korbannya,” terangnya.

Ditambahkan Kanit Binmas, bahwa bullying dapat terjadi dalam tiga hal. “Pertama secara langsung berupa kontak fisik seperti memukul, mendorong, menjambak, mencubit dan menghancurkan barang milik orang yang yang dibully. Kedua dalam bentuk kontak verbal langsung seperti memanggil dengan nama celaan, fitnah, merendahkan atau mengejek,” ungkapnya.

“Ketiga secara sosial, contohnya seperti menjauhi teman, tidak mempergauli teman, tidak memperdulikan teman sehingga teman tersebut merasa tertekan, dan sejenisnya,” tambah Aiptu Agus.

Lebih lanjut, ia juga meminta kepada para siswa untuk berhati-hati juga dalam bermedsos. “Cyber bullying dengan menyakiti orang lain dengan sarana media elektronik atau di dunia maya melalui media sosial atau sarana perpesanan elektronik,” pungkas Aiptu Agus. (afk)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Berita Terkait