BinmasMitra Polisi

Pendidikan dan Pelatihan Satpam Gada Pratama Tingkat Polda Jateng di Polres Pekalongan Resmi Ditutup

Polres Pekalongan – Polda Jateng –  Tribratanews.jateng.polri.go.id I  Pendidikan dan pelatihan satpam Gada Pratama tingkat Polda Jateng di Polres Pekalongan yang dilaksanakan di D’Avsana Garden Desa Limbangan Kec. Karanganyar Kab. Pekalongan resmi ditutup, Jumat (14/07).

Kegiatan dihadiri oleh Kasi Binlat Subdit Binsatpam/Polsus Dit Binmas Polda Jateng Kompol Dewi Indah Utami, S.H., S.I.K., BUJP PT. Garuda Indonesia Sukses Eko Rismanto, S.H., S.Kel beserta staf, Kasat Binmas Polres Pekalongan AKP Qurotul Aini, S.H bersama anggota serta peserta Diklat Gada Pratama Satpam Polres Pekalongan.

Dalam kesempatan tersebut, Kompol Dewi mengatakan Polri sebagai inti pembina keamanan dan ketertiban masyarakat serta aparat penegak hukum, bertugas dan bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan terhadap potensi keamanan dan ketertiban masyarakat lainnya.

Pengerahan potensi masyarakat secara aktif diperlukan dalam menciptakan kondisi dan situasi yang mendukung pembangunan nasional seperti  pengamanan pada proyek-proyek vital baik yang berada di bawah naungan instansi-instansi pemerintah maupun badan usaha swasta.

“Pada hakekatnya pengamanan swakarsa yang dilaksanakan oleh potensi masyarakat sangat dirasakan manfaatnya dalam membantu tugas Polri,” ujarnya.

“Ini juga merupakan perwujudan dari pada sistem keamanan rakyat semesta yang implementasinya dilaksanakan dalam bentuk keamanan swakarsa khususnya di lingkungan/kawasan kerjanya, sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan peranan satpam serta berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku,” tambah Kompol Dewi.

Ia menjelaskan, pelatihan satpam gada pratama merupakan pelatihan yang diperuntukkan bagi anggota satpam dalam rangka mempersiapkan diri untuk membentuk sikap dan mental sebagai anggota satuan pengamanan serta memberikan bekal dan keterampilan kepada anggota satuan pengamanan sehingga siap melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional.

“Dengan diberikannya bekal yang cukup, baik pengetahuan maupun keterampilan dalam kegiatan pelatihan ini, diharapkan nantinya para peserta pelatihan dapat berhasil dengan baik,” ungkap Kompol Dewi.

Selesainya pelatihan ini para peserta dapat memahami dan mempedomani hal-hal yang telah diberikan oleh para instruktur selanjutnya diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas pengamanan di wilayah / kawasan kerjanya masing-masing.

Kompol Dewi juga menekankan kepada peserta untuk senantiasa berpedoman pada ketentuan dan peraturan yang berlaku, laksanakan tugas yang dipercayakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan pupuk serta tingkatkan kerja sama yang baik dalam lingkungan/kawasan kerjanya dengan instansi terkait.

”Serta pegang teguh kepercayaan yang dipercayakan kepada saudara dengan didasari kode etik satuan pengamanan,” katanya.

Tak lupa, Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan BUJP PT. Garuda Indonesia Sukses dan seluruh staf yang telah membantu terselenggaranya pelatihan ini, khususnya kepada personel yang bertugas sebagai instruktur dan pembina sehingga pelatihan ini dapat terlaksana dengan lancar.

Dalam kesempatan itu pula diberikan sertifikat gada pratama kepada para peserta diklat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di seluruh perusahaan.(ozy)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Berita Terkait