BinkamYanmas

Polres Batang Luncurkan Program Polisi RW untuk Pelayanan Lebih Dekat dengan Masyarakat

Polres Batang – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Polres Batang mendekatkan personelnya dengan menerjunkan Polisi Rukun Warga (RW),  Program ini sesuai arahan dari Kapolri yang bertujuan memperluas jangkauan Polri hingga tingkat RW, program yang pengembangan dari Bhabinkamtibmas sangat bermanfaat karena selama bertugas di setiap desa mampu mendekatkan diri dengan masyarakat.

Kapolres Batang, AKBP Saufi Salamun, menyampaikan bahwa pihaknya melakukan pemantauan terhadap segala kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk potensi kerawanan gangguan Kamtibmas yang muncul khusus di tingkat RW. Dengan adanya Polisi RW, diharapkan mereka dapat melakukan assesmen dan memberikan solusi terbaik dalam melayani masyarakat.

“Nantinya, Polisi RW dapat melakukan assesmen dan memberikan solusi terbaik dalam melayani masyarakat,” terang Kapolres setelah memimpin Apel Gelar Polisi RW, di halaman Mapolres Batang, Senin (29/5/2023).

Kapolres juga menegaskan bahwa keberadaan Polisi RW tidak akan berbenturan dengan tugas Bhabinkamtibmas maupun Polisi Masyarakat (Polmas). Tugas mereka tetap bersinergi dengan lintas sektor, seperti Babinsa, dan aparat desa setempat. Setiap desa akan ditempati oleh satu personel Polisi RW.

Kapolres mengakui bahwa jumlah personel yang ada tidak mencukupi jika diterjunkan di seluruh RW. Oleh karena itu, penempatan personel akan diutamakan di RW yang memiliki tingkat kerawanan dan padat penduduk.

“Dengan adanya program Polisi RW ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih aman dan nyaman karena pelayanan kepolisian dapat lebih dekat dan responsif terhadap setiap kejadian yang terjadi di tingkat RW. Semoga langkah ini dapat memberikan manfaat yang positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat,” pungkasnya.

Berita Terkait