BencanaBinmas

Wujud Sinergitas, Polsek Sukolilo dan Koramil 04 Kerja Bakti Pasca Bencana Puting Beliung

Polresta Pati – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Angin puting beliung yang melanda dua desa di Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati pada Senin malam pukul 22.00 WIB (2/1/2023) menimbulkan dampak kerusakan dan rubuhnya rumah warga serta pohon tumbang.

Pasca terjadinya angin puting beliung yang melanda dukuh Mlawat Desa Baleadi dan dukuh Cangkringan Desa Wegil, TNI Polri bersinergi dengan Kecamatan Sukolilo melaksanakan kerja bakti mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.30 WIB guna meringankan beban warga terdampak, Selasa (3/1/2023)..

Kapolsek Sukolilo AKP Sahlan, S.H, M.M kepada awak media menyampaikan,” Hari ini TNI Polri dari Koramil 04/Sukolilo dan Polsek Sukolilo bersinergi dengan Kecamatan Sukolilo melaksanakan kerja bakti atas kejadian yang ada di dua desa, Desa Baleadi dan Desa Wegil untuk meringankan beban warga terdampak.

Dengan adanya kejadian angin puting beliung tersebut mengakibatkan 2 rumah roboh dan beberapa rumah milik warga mengalami kerusakan cukup berat.

Adapun rumah warga di dukuh Mlawat Desa Baleadi yang terdampak yakni rumah Sujiyono RT 2 RW 5 jenis Joglo (dagangan) ukuran 6 X 10 M roboh rata dengan tanah kerugian 1 Milyar, rumah Dewi Rema RT 3 RW 5 tertimpa pohon jati, kerugian 5 Juta,, rumah Sulin RT 2 RW 5 tertimpa pohon jati, kerugian 5 Juta, rumah Norhan RT 2 RW 5 tertimpa pohon jati, kerugian 10 juta, Santoso RT 3 RW 5 1 KBM jenis Mobil Lio tertimpa pohon tumbang, kerugian 15 juta.

Di dukuh Cangkringan Desa Wegil rumah Sunti RT 2 RW 1 tertimpa pohon, kerugian 5 juta, rumah Suka RT 5 RW 2 tertimpa pohon, kerugian 5 juta, rumah Basuki RT 5 RW 2 tertimpa pohon, kerugian 5 juta.

Juga lanjut Kapolsek, akibat kejadian ini mengakibatkan 5 pohon mahoni dan 2 pohon jati tumbang sehingga menganggu arus lalu lintas di sepanjang Jalan Sukolilo – Prawoto tepatnya di Desa Baleadi dan Desa Wegil.

Langkah yang dilakukan Polsek Sukolilo bersama Koramil 04/Sukolilo bersinergi dengan Kecamatan Sukolilo mendatangi TKP melakukan pendataan rumah yang roboh, melaksanakan kerja bakti bersama warga sekitar, melakukan evakuasi dan pembersihan pohon tumbang di sepanjang jalan Sukolilo – Prawoto tepatnya di desa Baleadi dan Desa Wegil,” Jelasnya.

“Setelah dilakukan kerja bakti rumah warga yang berdampak angin puting beliung sudah ditempati. Aktivitas warga yang terdampak angin puting beliung sudah normal seperti biasa ” Ungkap Kapolsek.

Adanya bencana puting beliung ini, tambah Kapolsek untuk korban meninggal dunia (MD) nihil.

“Untuk pohon tumbang disepanjang Jalan Sukolilo – Prawoto tepatnya di Desa Baleadi dan Desa Wegil gabungan dari pemerintah Desa Baleadi dan Desa Wegil dibantu warga sekitar dan TNI Polri bersinergi melakukan evakuasi sehingga arus lalulintas berjalan lancar,” Pungkas Kapolsek.

(Humas Resta Pati)

Berita Terkait