Binmas

Antisipasi PMK, Petugas Polsek Giritontro Lakukan Pendataan ke Kandang Milik Warga

Polres Wonogiri – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Antispasi penyebaran penyakit, kaki, dan mulut (PMK), jajaran Polsek Giritontro, Polres Wonogiri, terjun ke kandang-kandang milik warga, Selasa (17/5/2022).

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, SIK, M.Si melalui Kasubsi Penmas Humas Aiptu Iwan Sumarsono mengatakan, yang menjadi sasaran petugas yakni kandang milik Sugeng (55) yang berada di Dusun Gentung RT 02/RW 01 Desa Ngargoharjo, Kecamatan Giritontro. Di lokasi tersebut terdapat empat ekor sapi jenis jawa.

“Petugas melakukan mendataan memelihara dan himbauan kepada peternak sapi guna antispasi penyebaran PMK,” katanya.

Dalam kesempatan itu, petugas memberikan imbauan kepada pemilik sapi. Diantaranya selalu menjaga kesehatan hewan ternaknya, selalu menjag kebersihan kandang, memusnahkan sampah dan produk hewan yang berada di kandang.

“Dari fisik sapi tersebut tidak ditemukan adanya tanda-tanda PMK,” terangnya.

Selain itu, petugas juga meminta peternak agar langsung membersihkan badan atau mandi Setelah mengurus hewan ternaknya. Kemudian apabila mendapati hewan ternaknya mengalamai gejala yang menyerupai PMK maka tidak menjual hewan ternaknya dan segera melapor kepada petugas.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

Berita Terkait