Covid-19Pembinaan Personel

Antisipasi Omicron, Ratusan Personel Polres Pekalongan Kota Jalani Tes Swab Antigen

Polres Pekalongan Kota – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Jajaran Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Polda Jateng, Sie Kesehatan melakukan tes Swab bagi ratusan personil Polres Pekalongan Kota. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pekalongan Kota Akbp Wahyu Rohadi SIK, didampingi Waka Polres Pekalongan Kota Kompol Anggara Rustamyono SIK, digelar di sekitar serambi SIM Polres Pekalongan kota Senin siang, (24/01/2022).

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, S.I.K saat diwawancarai, menyampaikan bahwa tes swab terhadap personil tersebut dilakukan sebagai deteksi dini guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 terutama varian Omicron di lingkup Polres Pekalongan kota.

“Hal ini (tes swab) dilakukan sebagai langkah antisipasi, tidak ada yang perlu ditakuti. Sejauh ini sudah sekitar 155 personil (hasil swab) tidak ada yang positif,” ujarnya.

Disebutkan juga bahwa apabila didapati anggota dengan hasil positif, maka penanganan yang dilakukan juga melihat kondisi dari yang bersangkutan.

“Bila ditemukan (anggota yang positif) kita pantau kesehatannya, kalau gejalanya ringan bisa melakukan isoman di rumah dengan kamar tersendiri dan taat prokes.Tapi bila ada gejala atau punya komorbid maka penanganan diarahkan ke RS Bendan Yang sudah ada rujukannya” jelasnya.

Kapolres menghimbau kepada seluruh personil Polri serta masyarakat di kota Pekalongan untuk tidak lengah dan mewaspadai masuknya varian Omicron di kota Pekalongan.

“Kuncinya sederhana, masyarakat termasuk anggota Polri selalu taat prokes dan menjaga kesehatan,” ungkapnya.

Terkait kegiatan pencegahan Omicron di lingkungan anggota Polri, kondisi kebugaran anggota dipantau setiap saat” Tandas Kapolres.

Pemberian vaksin booster ke seluruh anggota Polres Pekalongan kota dan Brimob B Pelopor Polda Jateng segera mungkin kira kira dua hari lagi.

“Kapolres menekankan kepada anggota dalam bekerja di tengah masyarakat harus dalam kondisi sehat. Sebelum masyarakat sehat, anggota yang bertugas harus sehat terlebih dulu,” jelasnya.

Untuk itu, kegiatan olah raga dan berjemur di pagi hari rutin dilakukan seluruh anggota Polres termasuk dalam penerapan prokes.

“Untuk menanggulangi penyebaran varian baru Omicron, Polres Pekalongan kota juga konsisten untuk aktif melakukan pencegahan baik di internal Polri maupun di tengah masyarakat,” terangnya.

“Kegiatan tracking dan tracing serta vaksinasi terus kita kebut. Masyarakat kami harap juga kooperatif dengan tetap menjaga prokes dan segera melaporkan diri ke petugas apabila terpapar atau pernah kontak dengan orang yang terpapar covid, 19,” tutupnya.

( Kasi Humas Polres Pekalongan kota )

Berita Terkait