FeaturedFrameHeadlinePolairud

Antisipasi Gangguan Keamanan di Perairan, Ditpolairud Polda Jateng Gunakan Kapal Pemburu Cepat

Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol R. Setijo Nugroho H.H.P., S.I.K. didampingi CEO Pelindo 1 Semarang dan KSOP pelabuhan Tanjung Emas melakukan uji trial diikuti oleh Pejabat Utama Ditpolairud Polda Jateng dalam rangka peresmian kapal pemburu cepat – IX 2011 ke area perairan Semarang, Jumat (7/1).

Dirpolairud menyampaikan bahwa kapal pemburu cepat – IX 2011 digunakan sebagai antisipasi dalam menghadapi gangguan keamanan diwilayah perairan Jawa tengah, antara lain penegakan hukum di wilayah perairan, antisipasi konflik di perairan, dan sarana SAR.

Kapal pemburu cepat – IX 2011 bermesin 4x 300PK berkemampuan yang cukup tinggi dalam pengejaran pelaku tindak pidana di perairan atau digunakan dalam penanganan SAR di laut.

Kecepatan Kapal pemburu cepat – IX 2011 bisa mencapai 40-45 knot/jam dengan gerakan yang gesit dapat mengejar pelaku kejahatan yang ingin melarikan diri yang dikomandoi oleh komandan kapal polisi Aipda Findy Arifianto.

Dalam jarak 76 mil (140 km) untuk menuju pulau Karimun Jawa dapat ditempuh dengan waktu 2 jam perjalanan, sehingga kapal ini lebih efektif dan cepat dalam menangani kejadian di perairan yang menonjol lainnya.

Setelah melaksanakan uji trial Kapal pemburu cepat – IX 2011 menuju dermaga untuk meresmikan pos dermaga Ditpolairud Polda Jateng.

Dalam sambutannya CEO Pelindo bapak I Putu Sukadana, S.E., M.M. mengatakan semoga pos dermaga ini dapat dimanfaatkan personel Ditpolairud Polda Jateng dengan sebaik baiknya, juga sinergitas Pelindo dan ditpolairud terjalin kerjasama yang baik, dikarenakan faktor keamanan kawasan Tanjung emas juga cabang Pelindo di bawahnya dan kondusif.

Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol R. Setijo Nugroho H.H.P., S.I.K. menyampaikan ucapan terimakasih kepada CEO Pelindo atas hibah bangunan Dermaga Ditpolairud Polda Jateng dan sarana prasarana, akan kami manfaatkan bangunan ini dengan sebaik-baiknya.

Pos dermaga ini dilengkapi dengan ruang perkantoran, kamar tidur, kamar mandi dan ruang penjagaan serta menara pengawas.

Acara pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng diikuti oleh seluruh personel Ditpolairud Polda Jateng.

Berita Terkait