Binkam

Wakapolres Pekalongan Pimpin Patroli Skala Besar, Antisipasi Kerawanan Dan Pelanggaran Prokes

Polres Pekalongan – Tribratanews.jateng.polri.go.id |  Malam akhir pekan sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersantai, jalan-jalan atau nongkrong diberbagai lokasi. Hal ini tentu menjadi perhatian pihak Kepolisian. Selain kerawanan dalam hal kriminalitas juga terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih melanda tanah air.

 

Menindak lanjuti hal tersebut, Polres Pekalongan kembali menggelar Patroli skala besar dengan melakukan penertiban dan penegakkan Protokol Kesehatan di wilayah Kabupaten Pekalongan. Adapun kegiatan malam tadi dipimpin langsung Wakapolres Pekalongan Kompol I Ketut Tutut, S,H., Sabtu (12/6/2021).

 

Kegiatan diawali dengan apel kesiapan bersama dihalaman Mapolres yang diikuti oleh pejabat utama serta personel yang terlibat diantaranya adalah anggota Polres Pekalongan, Kodim 0710, Satpol PP, Dinas Kesehatan, BPBD Kab. Pekalongan, Dinporapar, Diperindag dan Dinas Perhubungan Kab. Pekalongan.

 

Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K., melalui Wakapolres Pekalongan Kompol I Ketut Tutut, S,H.,  menegaskan, saat ini beberapa wilayah Jawa Tengah terdapat beberapa Kabupaten/Kota yang masuk zona merah dengan risiko tinggi, Sementara ditingkat nasional, provinsi Jawa Tengah juga mengalami kenaikan angka terkonfirmasi Covid-19.

 

Hal ini membuktikan bahwa segala daya upaya yang telah dilaksanakan dalam mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19 belum membuahkan hasil yang maksimal.

 

“Saya minta rekan-rekan semua tetap semangat. Jangan pernah bosan mengingatkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.” Ujar Kompol I Ketut Tutut dihadapan para peserta apel.

 

Kegiatan Patroli skala besar dengan melakukan penertiban dan penegakkan Protokol Kesehatan yang digelar hari ini berfungsi untuk menggugah kesadaran masyarakat secara mandiri yang kemudian bisa menjadi budaya dan kebiasaan baru dalam beraktivitas.

 

“Kedepankan sikap persuasif dan humanis. Kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan harus berangkat dari hati demi keselamatan diri sendiri dan orang lain, bukan karena takut pada petugas” Imbuhnya.

 

Usai apel persiapan, personel kemudian dibagi menjadi dua tim. Tim pertama dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Pekalongan AKP Agus Sulis S.H dengan sasaran wilayah Kecamatan Karanganyar, Wonopringgo dan Kedungwuni.  Sedangkan tim kedua dipimpin oleh Kabagren Polres Pekalongan AKP Kalung Muktiana.,S.Sos.,M.M dengan sasaran wilayah Kecamatan Wiradesa dan Siwalan.

 

Dalam penertiban tersebut, sedikitnya puluhan warga yang melanggar protokol kesehatan seperti tidak mengenakan masker maupun physical distancing menerima sanksi mulai dari teguran hingga sanksi sosial. (Yuli-Er$hi)

Berita Terkait