Binkam

785 Personel Polres Sragen Diterjunkan Amankan Pilkada Serentak 2020 Ditengah Pandemi Covid 19

Polres Sragen – Tribratanews.jateng.polri.go.id I Ratusan Polisi di terjunkan amankan jalannya Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Kabupaten Sragen, Senin (16/11/2020). Petugas polri harus netral dan mampu menerapkan protokol kesehatan saat pengamanan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi covid 19.

Hal itu sebagaimana di uraikan Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi dalam amanatnya, saat memimpin apel pelaksanaan pemberian buku saku Polri yang berisi penanganan tindak pidana pemilihan 2020. AKBP Ardi mengutarakan bahwa sebanyak 785 personil bakal di terjunkan saat pemungutan suara 9 desember 2020 nantinya.

Ia juga menegaskan bahwa, dari jumlah itu, sebanyak 478 di terjunkan di sejumlah 2271 tempat pemungutan suara di kabupaten Sragen, yang terdiri dari 196 desa dan 12 kelurahan.

Pemilihan kali ini berbeda dari pemilihan sebelumnya. Tahun ini pemilihan kepala daerah bersamaan dengan merebaknya pandemi covid 19. Sehingga hal itu menjadi perhatian yang penting pihak pemerintah, yang kemudian di tindak lanjuti dengan penerbitan buku saku penanganan tindak pidana pemilihan 2020.

Sementara itu, seperti di kutip dalam penerbitan buku saku tersebut, aturan penanganan tinadk pidana pemilihan 2020 tersebut, juga menerakan penambahan aturan baru terkait pelaksanaan pemilihan dalam keadaan wabah bencana non alam covid 19. Di harapkan, para penyidik dan penyelidik yang tergabung dalam sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu), mampu menjalankan protokol kesehatan dalam setiap tahapan pemilihan.

Di jajaran Polres Sragen, sebanyak 785 personil pagi ini menerima buku saku tersebut, yang di serahkan langsung oleh Kapolres. Penyerahan buku saku penanganan tindak pidana pemilihan 2020, di selenggarakan seusai apel pagi yang di ikuti oleh seluruh personil Polres Sragen yang tergabung dalam operasi kepolisian dengan sandi Mantap Praja Candi 2020, di lapangan Mapolres.

Kapolres berharap, seluruh personil Polres Sragen memahami dan mampu mengimplementasikan dalam tugas agenda nasional pengamanan kepala daerah secara serentak di 270 wilayah lainnya di indonesia, khususnya di kabupaten Sragen pada 9 Desember 2020 mendatang, sesuai ketentuan.

(Humas Polres Sragen)

Berita Terkait