Binmas

Bhabinkamtibmas Polsek Wangon Banyumas Amankan Sedekah Bumi

Polresta Banyumas – Tribratanews.jateng.polri.go.id –
Bhabinkamtibmas Desa Jambu Polsek Wangon, Polresta Banyumas, Polda Jawa Tengah Bripka Josep Efendi, S.H menghadiri acara selamatan adat sedekah bumi yang diselenggarakan oleh warga Desa Jambu, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Kamis (16/07/2020).

Sedekah bumi merupakan kegiatan adat warga sebagai wujud syukur atas karunia Allah SWT yang telah memberikan berkah berupa keselamatan, kesehatan dan panen yang melimpah kepada warga masyarakat Desa Jambu dalam setahun terakhir.

Tradisi sedekah bumi tak hanya menjadi ritual saja, tetapi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat jawa. Hingga banyak yang beranggapan jika sedekah bumi tidak bisa dipisahkan dari budaya jawa . Ritual sedekah bumi juga merupakan salah satu cara dan sebagai simbol penghormatan manusia terhadap tanah yang menjadi sumber kehidupan.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka, S.I.K melalui Kapolsek Wangon AKP Suprijadi, S.H “mengatakan bahwa keberadaan Bhabinkamtibmas pada kegiatan sedekah bumi bersama seluruh elemen masyarakat tersebut diharapkan dapat memperkuat sinergitas serta kekompakan yang telah terjalin guna menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah hukum Polsek Wangon,”Ujar Kapolsek Wangon.

(Foriko Adhi Humas Polsek Wangon/PID Promoter Humas Polresta

Berita Terkait