BinmasFeaturedFrameHeadlineMitra Polisi

Kapolres Semarang Dampingi Kapolda Jateng Resmikan Program Padat Karya Untuk Buruh Ter-PHK

Polres Semarang – Tribratanews.jateng.polri.go.id, Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono S,E.,M.Si mendampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Drs. Ahmad Luthfi S.H.,S.St., M.K dalam acara Program Padat Karya Polda Jateng melalui Lounching Penyebaran 10.000 benih Ikan Lele oleh Kapolda Jateng kepada perwakilan Serikat Pekerja Prov. Jateng.Senin (06/07/2020).

Akibat dihantam Pandemi Covid -19 banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal terhadap karyawannya. Hal ini membuat puluhan ribu orang kehilangan mata pencaharian.

Dengan ini Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H S.St, M.K. membuat inisiatif Program Padat Karya Budidaya Ikan Konsumsi dan Aquaponik yang ditujukan untuk buruh yang ter-PHK bertempat di RT 03 RW 03 Kelurahan Langensari Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang

Kegiatan tersebut dihadiri PJU Polda Jateng, Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono, SE.,M.Si beserta PJU, Bupati dr. H. Mundjirin ES, Sp.OG, Ketua DPR Kab. Semarang Bondan Marutohening, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Semarang Ir Fendiawan Tiskiantoro, M.Si, Ketua DPC SPN Kab. Semarang Budi Widartono

Dalam Sambutan Kapolda Jateng menjelaskan Program Padat Karya tersebut dilaksanakan di beberapa lokasi di beberapa Kabupaten dan Kota dengan satu koordinator disetiap lokasi, Diantaranya di Kota Semarang 3 Tempat, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Semarang. Adapun dalam padat karya itu ada 12 kolam buatan dibuat di pekarangan rumah Budi Widarnoto, Ketua DPC SPN Kabupaten Semarang. 12 kolam tersbebut berisi masing-masing 10 ribu benih lele dan seribu benih ikan nila.

“Disini merupakan tempat yang pertama sebagai contoh dan nantinya kita rencanakan seluruh kabupaten dan kota melakukan program padat karya, para Kapolres kita perintahkan untuk menggandeng Bupati untuk bersama sama dalam rangka Saintific Problem Solving Covid-19,” Jelas Kapolda Jateng dalam sambutanya.

Dilain sisi Ketua DPC SPN Kab. Semarang Budi Widiartono mengucapkan sangat berterimakasih kepada Polri yang sudah menerima masukan dan membantu buruh ter –PHK yang diakibaktkan dampak pandemic Covid – 19

“Ini merupakan program yang luar biasa untuk Jawa Tengah, juga merupakan program sangat kami tunggu dalam rangka komunikasi antara Polri dan Pekerja untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya para anggota kami,” ucap Ketua DPC SPN Kab. Semarang.

Sebelumnya Polda Jawa Tengah telah melaksanakan beberapa program bantuan sosial untuk masyarakat terdampak Covid-19 diantaranya setiap hari Kamis menggelar bakti sosial di seluruh polres jajaran Polda Jateng kemudian setiap hari Jumat membuka dapur umum dengan menggandeng TNI dan masyarakat sekitar.

Program lainya adalah kampung siaga sebanyak 3.971 dengan Polri sebagai fasilitator. Kampung Siaga Polda Jawa Tengah sempat mendapat Apresiasi dari Presiden Joko Widodo dan dijadikan percontohan untuk Polda yang lain.

“Bagi mereka yang terdampak maupun mereka yang terimplikasi terdapat masyarakat positif corona, apalagi itu serikat pekerja agar bisa ditanggulangi dengan cara-cara seperti ini, Kita Harapkan Program Padat Karya ini sangat bermanfaat bagi para buruh yang terdampak Covid – 19 ” Tutup Kapolda

Berita Terkait