Binmas

Serentak Polisi dari Polres Purbalingga Menjadi Pembina Upacara di Sekolah

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Purbalingga – Ada hal berbeda dilakukan Polisi dari Polres Purbalingga dalam rangka memberikan pesan kamtibmas kepada siswa. Polisi dari tingkat polres hingga polsek jajaran Polres Purbalingga menjadi pembina upacara di sekolah-sekolah tingkat SMA secara serentak, Senin (14/10/2019) pagi.

Dalam kegiatan, polisi dari Polres Purbalingga dan jajarannya menyampaikan sejumlah pesan kamtibmas kepada siswa tingkat SMA. Pesan disampaikan melalui amanat Kapolres Purbalingga yang dibacakan masing-masing polisi saat menjadi pembina upacara di masing-masing sekolah tingkat SMA.

Amanat yang disampaikan diantaranya berisi agar siswa waspada berita hoax, tidak melakukan tindakan anarkis dan melawan hukum serta mendukung terciptanya persatuan dan kesatuan. Disampaikan juga bahwa tugas siswa adalah belajar sehingga agar menggunakan masa sekolah untuk kegiatan positif dalam rangka meraih prestasi.

Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman melalui Kasat Sabhara Iptu Wartono menyampaikan bahwa kegiatan polisi menjadi pembina upacara di sekolah tingkat SMA dilaksanakan serentak pada hari ini. Selain dari Polres Purbalingga, juga dilaksanakan oleh seluruh Polsek jajaran melalui para kanit.

“Tujuan kegiatan adalah menyampaikan imbauan kepada siswa untuk bisa berperilaku taat hukum serta menghindari kegiatan negatif seperti anarkisme dan tindakan melawan hukum lainnya karena tugas pelajar adalah belajar dan meraih prestasi,” katanya.

Ditambahkan Wartono, kita juga berikan imbauan untuk bijak menggunakan media sosial dan waspada berita bohong. Jangan sampai siswa tersangkut perkara pidana gara-gara ikut menyebar berita bohong maupun ujaran kebencian. Karena hal tersebut sudah diatur dalam undang-undang sehingga pelakunya bisa dikenakan pasal pidana.

Dari data yang dihimpun, ada 20 sekolah tingkat SMA di Purbalingga yang hari ini melaksanakan upacara dengan polisi sebagai pembinanya. Untuk Polres Purbalingga melaksanakan di dua lokasi masing-masing yaitu SMA Negeri 1 Purbalingga dan SMA Negeri 2 Purbalingga. Sedangkan 18 sekolah lainnya dilaksanakan oleh polsek.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Polres Purbalingga dibagikan juga bingkisan kepada para siswa. Bingkisan berupa buku dan alat tulis diberikan bagi siswa yang berprestasi. Selain itu, bingkisan juga diberikan kepada siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari pihak kepolisian.

(Humas Polres Purbalingga)

Berita Terkait