Pembinaan Personel

Tim STIK Polri Kunjungi Polres Brebes, Teliti Penanggulangan Mafia Pangan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Brebes – Tim Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Polri melakukan penelitian penanggulangan kejahatan produksi dan distribusi bahan pangan dan dampaknya terhadap kepercayaan masyarakat terhadap Polri di Polres Brebes, Selasa (17/9/2019).

Kegiatan yang dilaksanakn di Aula Mapolres Brebes tersebut menghadairkan tokoh masyarakat, tokoh agama, jaksa, akademisi, jusnalis hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM) sebagai responden.

Tim STIK Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Bernard Sibarani tersebut melakukan penilitian dengan cara beraudiensi dan pengisian formulir checklis responden kepada sejumlah elemen masyarakat.

Dalam sambutan awalnya Kombes Pol Sibarani menyatakan ada empat kepolisian wilayah daerah menjadi lokasi penelitian penaggulangan kejahatan produksi dan distribusi bahan pangan, serta dampak kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK). Di antaranya, Polda Jawa Tengah, Polda DKI, Polda Lampung dan Polda Jawa Barat.

Ia menyebut, jika tindak pidana kejahatan pangan ini banyak menyumbangkan inflasi. Sehingga Polri perlu fokus melakukan penelitian tindak kejahatan terkait komoditas pangan tersebut. Penindakan terhadap para penimbun kebutuhan pokok itu adalah menjadi satuan tugas (satgas) pangan. Sedang STIK hanya melakukan penelitian yang bisa menjadi referensi atau masukan pada mereka dalam bentuk tulisan.

“Atas dasar itu, saat ini sedang berjalan semua Polres yang berada di empat polda ini kita jadikan lokasi penelitian penanggulangan tindak kejahatan pangan dengan mempertimbangkan tipologi tindak kejahatan cukup tinggi,” ucap Sibarani.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kapolres Brebes AKBP Aris Supriyono menyebutkan, Polres Brebes dijadikan lokasi penelitian dikarenakan memiliki dampak terkait pemenuhan komoditas pangan khususnya bawang merah yang juga mampu mempengaruhi terjadinya inflasi

Ditambahkan Kapolres, dengan adanya kegiatan ini, pihaknya memberikan apresiasi ke[ada Tim STIK Polri. “Harapan kami adanya kegiatan penelitian ini yang dilakukan oleh STIK ini dapat bermanfaat bagi polres, instansi, dan masyarakat di Brebes,” ujarnya. (Hms)

Berita Terkait