Pembinaan Personel

Gelar Sispam Kota, “Polres Klaten Amankan Pengambil Kotak Suara”

Tribratanews.jateng.polri.go.id – Klaten – Guna mengetahui kesiagaan dan kemampuan pengamanan Pesta Demokrasi 2018, Polres Klaten menggelar Simulasi Sistem Pengamanan dalam Kota, Senin (14/5/2018). Simulasi diikuti oleh ratusan personel gabungan yang terdiri dari Polres Klaten, Kodim 0723/Klaten, Dishub Klaten, dan Satpol PP Kabupaten Klaten tersebut dilaksanakan di depan Lapangan Polres Klaten.
Selain menerjunkan ratusan anggota gabungan, sejumlah peralatan pendukung juga disiagakan seperti Mobil pemadam, Tim unit Satwa (K-9) dan pasukan anti huru hara.
Kegiatan simulasi tersebut disaksikan oleh Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono, Forpimda Klaten, Anggota KPU, Ketua Panwas Klaten, serta para ketua DPC partai di wilayah Klaten.
Dalam kegiatan simulasi tersebut terlihat satu kompi pengendalian massa (Dalmas) Sabhara dengan pakaian lengkap mengantisipasi huru-hara dan mobil pemadam. Saat peragaan, disimulasikan adanya keributan di lokasi TPS oleh salah satu warga yang hendak memberikan hak suaranya namun tidak diperbolehkan oleh petugas TPS dikarenakan waktu pemilihan sudah melewati batas yang ditentukan. Warga tersebut tidak merasa puas, selanjutnya terjadi keributan.
Dalam peragaan Sispamkota ini berbagai simulasi pengamanan diperagakan. Seperti halnya pendistribusian logistik Pemilu yang disimulasikan sempat mendapat gangguan dan ancaman orang tak dikenal. Dengan cekatan, dalam sekejap berbagai kekacauan yang terjadi bisa diatasi dengan baik oleh tim pengamanan.
“Kegiatan Simulasi Sispam Kota ini dilaksanakan dengan tujuan agar personel Polres Klaten yang terlibat pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Jawa tengah, khususnya Klaten nantinya dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing. Ini merupakan kesiapan dan antisipasi yang diharapkan mampu mengawal jalannya Pemilu ,” jelas Kapolres Klaten, AKBP Juli Agung Pramono.
(Humas Polres Klaten/Eriqo)

Berita Terkait