Pembinaan Personel

Cegah Penyebaran Virus Difteri, Polres Wonogiri Beri Anggota Vaksin

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Wonogiri – Sejumlah anggota Polisi, PNS, dan Bhayangkari ikuti sosialisasi dan Pemberian Vaksin Difteri. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi tertularnya penyakit Difteri. Giat ini dihelat di Aula Mapolres Wonogiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Adi Dharma menyampaikan, kami dari pihak Dinas yang membidangi Kesehatan mengapresiasi terhadap Polres Wonogiri dengan kegiatan ini. Karena tingkat kesadaraanya terhadap kesehatan, dan mengantisipasi terkait penularan penyakit Difteri. Seperti diketahui bersama, kasus penyakit difteri mengalami tren kenaikan.

“Penyakit ini jangan di anggap remeh, apabila menemukan ataupun merasakan sakit di tenggorakan dan sakit saat menelan untuk dapat segera ditangani dengan di bawa ke dokter,” katanya, Senin (15/01/2018).

Difteri merupakan infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini muncul karena adanya bakteri Corynebacterium diphtheriae yang menyerang saluran pernapasan. Dan sifat dari penyakit ini adalah menular sehingga perlu diadakannya pencegahan sedini mungkin.

Penyebaran difteri ini masuk ke tubuh lewat percikan udara ketika seseorang batuk, bersin, atau berbicara. Selain itu, bakteri juga dapat ditularkan lewat kontak langsung dengan cairan yang keluar dari saluran pernapasan dan pengelupasan luka kulit. Benda-benda yang terkontaminasi bakteri juga bisa menyebabkan penularan penyakit.

Sementara, Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede dan Ketua Bhayangkari Joice Pardede menambahkan kegiatan ini adalah perintah dari Bidokes Polda Jateng dan Ro SDM Polda Jateng. Maka perlu diadakannya antisipasi dengan memberikan suntikan vaksin difteri.

“Karena kita ketahui bersama bahwa wabah penyakit difteri masuk pada kategori  berbahaya,” tandasnya.

(Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

Berita Terkait