BinmasPolairud

Kapal Satpolairud Polres Batang Kawal Larung Sesaji Nelayan Batang

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Batang Polda Jateng – Ratusan warga menyaksikan larung sesaji kepala kerbau dalam rangka sedekah laut yang merupakan sebuah acara tahunan yang di peringati masyarakat pesisir laut yang tujuannya untuk memberikan rasa syukur atas karunia yang telah di limpahkan atas hasil laut. Kegiatan tersebut kali ini di laksanakan di Dukuh Seturi Kelurahan Karangasem Utara Batang, Selasa (17/10).

Kegiatan diawali dengan pawai sesajen dengan rute dari Dk Seturi – Jl. Yos Sudarso Boum – Dk. Seturi Pemean – Dk. Wukir Sari Boum Batang – Finish di SPBB Solar KUD Ngupoyo Mino Batang. Acara pawai semarak dikarenakan diiringi Drum Band Tradisional Tek-Tek dari Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.

Untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman, puluhan personel gabungan dari satpolairud Polres Batang Polda Jawa Tengah, Sat Sabhara Polres Batang, Polsek Batang, TNI AL dan  Koramil mengamankan jalanya sedekah laut tersebut.

Sebelum pemberangkatan kapal,  Kasatpolairud Polres Batang AKP Basuki Budi Santoso, S.H., menyampaikan himbauan kamtibmas terlebih dahulu kepada warga masyarakat yang akan ikut naik kapal mengiringi larung kepala kerbau,

“Agar warga berhati-hati di atas kapal, muatan tidak melebihi beban dan jangan lupa memakai pelampung keselamatan,” kata Kasatpolairud.

Ditengah laut setelah perjalanan sekitar 30 menit kapal berhenti, sesajen dan kepala kerbau dilarung ke laut, warga nelayan pun beramai-ramai terjun ke laut berebut untuk mengambil air kembang maupun isi sesajen dengan kepercayaan ngalap berkah agar hasil tangkapan ikannya melimpah.

Nampak kapal Satpolairud Polres Batang melakukan pengawalan terhadap puluhan kapal yang ditumpangi warga nelayan menuju ke tengah lautan untuk larung sesaji kepala kerbau.

Berita Terkait