Pembinaan Personel

Polres Banjarnegara Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Tanggal 1 Juni 2017

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Banjarnegara – Polres Banjarnegara menggelar Upacara Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tangal 1 Juni 2017 bertempat di halaman Polres Banjarnegara. Kamis (1/6/2017).

Sebagai Inspektur Upacara Kapolres Banjarnegara AKBP Saiful Anwar, S.Sos SiK, MH, diikuti oleh 1 kelompok Pamen, 2 peleton Pama, 1 peleton Dalmas, 1 peleton  Sabhara, 1 peleton Sat Lantas, 1 peleton gabungan staf, 1 peleton gabungan Polsek, 1 peleton gabungan Sat Intel / Reskrim / Narkoba, dan 1 peleton ASN Polri jajaran Polres Banjarnegara.

Dalam amanatnya, Kapolres Banjarnegara membacakan amanat Presiden RI berisi Ucapan puji syukur kepada Tuhan YME dapat menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila untuk pertama kalinya. Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dari rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustua 1945. Harus diingat bahwa, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, taqdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Kehidupan berbangsa dan bernegara kita sedang mengalami tantangan, kebhinekaan kita sedang diuji saat ini. Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah itu.

Lebih lanjut, dalam amanatnya Presiden RI Joko Widodo mengajak peran aktif para ulama, uztad, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda dan tokoh masyarakat serta guru, media, birokrasi dan TNI-Polri untuk menjaga Pancasila. Tidak ada pilihan lain, kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila.

Melalui peringatan hari Pancasila ini, diharapkan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Banjarnegara agar selalu waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Jaga perdamaian, persatuan dan persaudaraaan diantara kita. Dengan sikap santun dan demi kepentingan Bangsa Indonesia kita bersatu dan bergotong royong. Bersatu kita kuat, Saya Indonesia dan Saya Pancasila.

Berita Terkait