BinkamBinmasFeaturedGiat OpsMitra Polisi

KAPOLSEK KEDUNGTUBAN RESOR BLORA BERI PEMBEKALAN DAN PELATIHAN MATERI LINMAS

Tribratanewspoldajateng.com – Untuk meningkatkan Kapasitas  Anggota Linmas, Pemerintah Desa Sidorejo kecamatan Kedungtuban kabupaten Blora mengadakan pembekalan dan pelatihan pengamanan swakarsa dalam hal ini Linmas. Kegiatan digelar hari ini Kamis (12/01/17).  Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yg persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Tugas pokok dan fungsi linmas misalnya dalam penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan Swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Kepala Kepolisian Sektor Kedungtuban, Polres Blora, AKP Sugiharto, SH dengan didampingi oleh Kanit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas Desa Sidorejo bekerjasama dengan pemerintah desa setempat, mengadakan pembinaan dan pelatihan terhadap anggota linmas bertempat di gedung balai Desa Sidorejo Kec. Kedungtuban Kab. Blora

Hadir dalam pembinaan dan pelatihan anggota tersebut antara lain Kasi pemerintahan mewakili bapak Camat Kedungtuban, AKP Sugihato Kapolsek bersama Kanitb Binmas Kedungtuban, Kepala desa Sidorejo beserta stafnya, Bhabisa Koramil 0721 Kedungtuban serta diikuti oleh 30 personil linmas desa Sidorejo.

Dalam pembinaan dan Pelatihan tersebut Kapolsek AKP Sugiharto, menyampaikan materi-materi tentang tugas pokok linmas diantaranya sebagai pengamanan swakarsa serta perlindungan serta kenyamanan masyarakat.

“Indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : (1) Meningkatnya kualitas SDM Linmas, (2) Menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, (3) Meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, (4) Meningkatnya Kesiap-siagaan Satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan (5) Meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Kapolsek Kedungtuban AKP Sugiharto menambahkan bahwa Linmas adalah Satuan Perlindungan Masyarakat yang mempunyai tugas mendukung penanganan masalah ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungannya, dan selain itu Linmas juga berfungsi membantu terciptanya kondisifitas dan penanggulangan bencana alam serta kegiatan sosial di lingkungan desanya.

“Pada Intinya, tugas, fungsi dan peranan Linmas adalah membantu Pemerintah Daerah. Kepolisian dalam Harkamtibmas dan perbantuan kepada TNI dalam upaya Pertahanan Negara serta perbantuan dalam kegiatan sosial di lingkungannya ” pangkas Kapolsek Kedungtuban.

Selesai Kapolsek Ngadireko AKP Budi santoso, SH menyampaikan materi-materi tugas linmas kemudian di lanjutkan pemberikan pelatihan oleh Brigadir Herry, SH bersama Bhabinsa Koramil tentang baris berbaris, menggunakan atribut, tindakan di TKP sewaktu ada suatu kejadian, tak lupa juga membekali tentang kemampuan bela diri perorangan dengan menggunakan alat peraga berupa tongkat dan borgol, dengan tujuan agar linmas mampu dikala menghadapi pelaku kejahatan.

Kegiatan berjalan aman dan tertib diakhiri dengan penyerahan seragam dan beberapa atribut kelengkapan anggota Linmas seperti senter, lampu kedip dan tongkat T oleh Kapolsek beserta para tamu undangan kepada para anggota Linmas desa Sidorejo, Kec. Kedungtuban. Kab. Blora

Berita Terkait