Binkam

Pastikan Penyampaian Aspirasi Dan Pengguna Jalan Nyaman Joko Pimpin Pengaman Aksi Unjuk Rasa GEMPADEWA

Polrestabes Semarang – Polda Jateng  |  AKBP Joko Wicaksono, S.St.Pi. selaku Kabag Ops Polrestabes Semarang memimpin kurang lebih 150 personel dalam melaksanakan pengamanan Aksi Unjuk Rasa dari Gerakan Rakyat Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas (GEMPADEWA) bertempat di halaman Kantor DPRD Provinsi Jawa Tengah di jalan Pahlawan Semarang, Rabu 16 Agustus 2023.

Aksi tersebut diikuti oleh berbagai kalangan antara lain GEMPADEWA (Gerakan Masyarakat Peduli Alam Desa Wadas), Perwakilan Masyarakat Desa Wadas, Walhi Jateng, Mahasiswa UNNES, Mahasiswa UNDIP, dan Mahasiswa UIN Walisongo.

Dalam unjuk rasa tersebut, diberikan orasi untuk menyatakan penolakan pertambangan di Desa Wadas. Para pembicara menyoroti kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh pemerintah dan otoritas serta menekankan pentingnya mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sebelum memulai proyek apa pun.

Mereka juga mewanti-wanti potensi bencana alam yang bisa terjadi akibat penambangan besar-besaran di Desa Wadas.

Peserta aksi menuntut pemerintah menghentikan rencana penambangan di Desa Wadas, mengakhiri kriminalisasi dan represi terhadap aktivis, mencabut Izin Penetapan Lokasi Tambang di Desa Wadas, serta menghentikan perusakan dan eksploitasi sumber daya alam.

Unjuk rasa diakhiri dengan pembakaran ban bekas oleh para peserta, dan acara berakhir dengan aman dan damai.

Damar_STT

Berita Terkait