Binkam

Alarm Stelling Berbunyi Polres Pekalongan Berlakukan Status Siaga 1

Polres Pekalongan – Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id I Suasana tegang dan mencekam terjadi di Polres Pekalongan saat terdengar alarm stelling berbunyi keras secara mendadak yang membuat para personelnya segera berhamburan membentuk barisan pengamanan di sekeliling pagar Markas Polres Pekalongan, Senin (14/08).

Alarm ini dibunyikan karena Polres Pekalongan mendapatkan serbuan dari serombongan orang tak dikenal sehingga Polres Pekalongan menyatakan dalam keadaan siaga satu.

Para anggota yang bersiaga tak hanya berjaga di sekeliling Mapolres, namun seluruh ruang-ruang dalam gedung pun tak luput dari pengamanan yang dijaga dengan ketat. Sementara itu pasukan Pengendali Masyarakat (Dalmas) Polres Pekalongan pun langsung bersiaga dengan persenjataan lengkap dalam kondisi siaga penuh.

Namun menurut Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, S.H., M.H., hal ini bukanlah kejadian yang sesungguhnya melainkan latihan sispam mako yang sengaja digelar Kapolres guna meningkatkan kesiapsiagaan dan kesigapan seluruh personilnya sebagai upaya mencegah serangan dari luar.

“Kegiatan sispam mako tidak hanya dilakukan pada tingkat Polres saja, namun saya minta para Kapolsek juga ikut melaksanakan kegiatan sispam mako di tingkat Polsek,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan alarm stelling, seluruh personil diuji kecepatan berkumpul dan diharapkan untuk selalu siap dalam kondisi dan situasi apapun.

“Alarm stelling ini dilakukan untuk pengamanan mako, juga untuk mengamankan tempat terdekat dalam waktu cepat jika ada kejadian di Polres Pekalongan,” ungkap AKBP Wahyu Rohadi.

Dengan kegiatan ini, pihaknya dapat melihat sejauh mana kesiapan anggota dalam mengatasi kejadian dan situasi yang darurat.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol M. Farid Amirullah, S.H., M.H menambahkan, dalam latihan tersebut, para personil sudah terploting di beberapa lokasi, baik di bagian depan, samping maupun belakang gedung Mapolres.

“Bahkan ada yang berada di atap gedung Mako Polres Pekalongan. Semua ini untuk pengamanan yang maksimal,” katanya. (afk)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Berita Terkait