Yanmas

Polisi Binluh Siswa SMA Negeri 1 Padamara 

Polres Purbalingga – Polda Jateng | Polisi dari Polsek Padamara melaksanakan pembinaan dan penyuluhan (Binluh) kepada siswa di SMA Negeri 1 Padamara, Selasa (27/8/2024).
Binluh disampaikan oleh Kapolsek Padamara Iptu Tohirin bersama Kanit Binmas Aipda Yan Susilo. Binluh diberikan kepada siswa kelas XI sekolah tersebut.
Sejumlah materi disampaikan  diantaranya tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Para siswa diberikan edukasi jenis-jenis narkoba, efek negatif dari penyalahgunaan narkoba dan langkah pencegahan yang bisa dilakukan.
“Penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan banyak efek negatif. Bahkan pelakunya bisa diproses hukum. Oleh sebab itu, kami mengajak para siswa untuk menjauhi narkoba,” ajak Kapolsek Padamara.
Selanjutnya para siswa diberikan materi tentang tentang pencegahan bullying atau perundungan. Disampaikan jenis-jenis perundungan, dampak negatif perundungan dan langkah pencegahan yang harus dilakukan oleh siswa.
“Perundungan dapat menimbulkan efek negatif bagi korban. Jadi para siswa harus menghindari perilaku yang masuk dalam kategori perundungan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal,” pesan Kapolsek.
Kapolsek juga menyampaikan bahwa saat ini marak adanya geng motor bersenjata tajam yang beranggotakan anak-anak yang masih berstatus pelajar. Bahkan mereka melakukan tawuran dengan kelompok lainnya. Hal itu sangat meresahkan masyarakat.
“Kami mengajak siswa di SMA Negeri 1 Padamara untuk tidak terlibat dalam aktivitas geng motor bersenjata tajam. Karena pelakunya bisa diproses hukum sesuai dengan aturan yang berlaku,” ucapnya.
Kepala SMA Negeri 1 Padamara, Widi Purnama, menyambut baik kegiatan pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan Polsek Padamara terhadap siswa. Materi yang disampaikan sangat relevan dengan situasi saat ini.
“Harapan kami melalui sosialisasi yang dilakukan bisa mencegah siswa untuk melakukan perbuatan negatif yang bisa merugikan diri sendiri, keluarga maupun sekolah,” ucapnya.

Berita Terkait