Bhabinkamtibmas Bersama Warga dan Mahasiswa KKN Undip Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Wonokerto

Polres Pekalongan – Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id I Bhabinkamtibmas Polsek Wiradesa Aipda Sartono, S.H Bersama Kepala Desa Tratebang, Mahasiswa KKN Undip serta warga setempat melaksanakan penanaman pohon mangrove di kawasan pesisir pantai Wonokerto, Rabu (07/08).

Kegiatan ini merupakan program prioritas Nasional Polres Pekalongan berupa peningkatan kualitas lingkungan peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim serta pembangunan rendah karbon.

Kepala Desa Tratebang, bapak Pronisa dalam kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas Aiptu Sartono yang telah menyerahkan bibit mangrove guna ditanam bersama warga dan mahasiswa KKN Undip.

“Kami dari Kades Tratebang yang wilayahnya meliputi tambak dan pesisir di kawasan pantai Utara menyampaikan terima kasih atas giat Polres Pekalongan yang  peduli kawasan pesisir melalui program prioritas Nasional,” ujarnya.

Melalui program prioritas Nasional kawasan pesisir oleh Polres Pekalongan, Pronisa berharap, kesadaran masyarakat pesisir tergerak dalam merawat tanaman mangrove. “Ini merupakan tanggung jawab kita bersama guna melestarikan mangrove di kawasan pesisir,” imbuhnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Aiptu Sartono menyampaikan terima kasih kepada Kades Tratebang dan warga masyarakat Tratebang serta mahasiswa KKN Undip yang telah menyempatkan waktu hadir dalam giat program prioritas Nasional penanaman mangrove di kawasan pesisir laut Utara Desa Tratebang, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, program prioritas Nasional mengenai pengawasan mangrove di kawasan pesisir ini untuk menjaga keseimbangan alam berupa peningkatan kualitas lingkungan peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim serta pembangunan rendah karbon.

“Penanaman mangrove bertujuan untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi dan mengembalikan habitat hutan mangrove yang ada,” kata Aiptu Sartono

Setelah penanaman ini, Pak Bhabin juga mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk bisa menjaga, memantau dan merawatnya. Sehingga bisa terus terjaga dan tumbuh memberikan manfaat bagi flora dan fauna sekitar pantai, serta masyarakat sekitar. (afk)

Exit mobile version