Mitra Polisi

Berikan Pembekalan Kepada Paskibraka di Kabupaten Pekalongan, Ini yang Disampaikan Kapolres

Polres Pekalongan – Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id | AKBP Doni Prakoso Widamanto, S.I.K selaku Kapolres Pekalongan memberikan pembekalan kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Pekalongan yang terpilih untuk melaksanakan pengibaran bendera pada saat Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024 mendatang. Kegiatan pembekalan tersebut dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU), Rabu (31/07).

Sebelum mengawali arahannya, Kapolres Pekalongan AKBP Doni Prakoso Widamanto, S.I.K mengajak untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Disampaikan mengapa dirinya mengajak mengawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, bahwa dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, AKBP Doni bermaksud menggugah rasa kebangsaan, semangat dari adik-adik Paskibraka.

“Bahwasannya adik-adik ini orang-orang terpilih, pemuda-pemudi harapan bangsa yang dianggap dan diharapkan memiliki rasa nasionalisme, sebagai pelopor, inisiator, dan sebagai agen perubahan,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini, bangsa ini banyak sekali mengalami tantangan dan godaan yang menyerang sendi-sendi kehidupan. Ada radikalisme, narkoba, dan saat ini yang lagi trend judi online.

“Banyak sekali gangguan-gangguan ataupun godaan-godaan, dan diharapkan yang ada di depan saya ini, yang hadir disini bisa mengembalikan kejayaan bangsa ini,” kata Kapolres.

Lanjutnya, AKBP Doni menyampaikan, sesungguhnya yang kita hormati, yang kita berikan penghormatan itu bukanlah kain merah putihnya, yang kita hormati adalah pejuang-pejuang yang sudah meninggal.

“Bagaimana dulu setengah mati bermodal bambu runcing, senjata-senjata rampasan yang disuruh melawan penjajah dengan senjata-senjata yang lebih canggih. Itu sebenarnya adalah hal yang mustahil, tapi karena berkah dan ridho dari Allah SWT, yang memberikan hidayah, memberikan berkah kepada kita, sehingga menjadikan kita sebagai suatu bangsa, bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu pula, AKBP Doni mengajak kepada seluruh anggota Paskibraka untuk tetap fokus dan semangat serta ikhlas dalam melaksanakan latihan, sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan sukses dan lancar.

“Jalani latihan ini dengan penuh semangat dan ikhlas serta jaga kekompakan agar pada saat tampil pada hari H dapat berjalan maksimal,” jelas Kapolres.

Dirinya berpesan kepada anggota Paskibraka untuk tetap menjaga kesehatan, istirahat yang cukup, berdoa sebelum melaksanakan kegiatan serta konsentrasi dalam melaksanakan kegiatan. (afk)

Berita Terkait