FeaturedFramePolairud

Sambang Pesisir di Jepara, Cara Dirpolairud Polda Jateng Ciptakan Cooling System Jelang Pilkada 2024

Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Ditpolairud Polda Jateng melaksanakan kegiatan Sambang Pesisir dalam rangka menjaga Harkamtibmas diwilayah pesisir khususnya Kabupaten Jepara yang bertempat di Pantai Bandengan Jepara, Kamis (25/7/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Dirpolairud Polda Jateng Kombes Pol. Hariadi, S.H., S.I.K., M.H., Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Pejabat Utama Ditpolairud Polda Jateng dan Polres Jepara bersama jajaran Satpolairud, tokoh Masyarakat pesisir Kabupaten Jepara, kelompok/himpunan nelayan, paguyuban nelayan, pengelola wisata bahari Kabupaten Jepara hingga Relawan SAR Arnavat Polres Jepara.

Dalam sambutannya, Dirpolairud Polda Jateng menyampaikan bahwa Sambang Pesisir di Jepara ini adalah sebagai sarana Cooling System di wilayah Ditpolairud Polda Jateng, Khususnya di wilayah pesisir dalam mengamankan dan mewujudkan Pilkada 2024 di Jawa Tengah yang aman dan damai.

“Ini juga sebagai sarana kita bersilaturahmi guna menjalin komunikasi yang semakin baik dengan masyarakat pesisir untuk mengatasi, memecahkan persoalan dan kendala yang dihadapi,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirpolairud Polda Jateng juga menjelaskan bahwa tugas dan fungsi Polairud Polda Jateng yaitu sebagai pemelihara keamanan ketertiban, dan pembinaan masyarakat, serta penegakan hukum di wilayah perairan.

Bentuk operasional yang dilaksanakan adalah dengan deteksi dini, preemtif, preventif, Gakkum. Terkait dengan pengukuhan SAR ARNAVAT tersebut, sudah dilaksanakan di 13 polres jajaran, Relawan SAR ARNAVAT bertugas membantu tugas Satpolairud Polres jajaran dalam kegiatan SAR dan harkamtibmas, mengingat keterbatasan anggota yang ada di Satpolairud Jajaran Polda Jateng.

Dirpolairud Polda Jateng berpesan kepada para kelompok nelayan agar selalu waspada dan berhati-hati ketika pergi melaut. Karena menurut dia keselamatan merupakan prioritas utama serta agar senantiasa mengecek kesehatannya terlebih dahulu sebelum berlayar.

“Keselamatan nelayan merupakan prioritas utama, oleh karena itu setiap nelayan yang akan pergi melaut diwajibkan cek kesehatan sebelum berlayar,” pesannya.

Sementara itu, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengucapkan terimakasih atas kedatangan Dirpolairud Polda Jateng beserta rombongan dalam rangka kegiatan Bintibmas Pesisir Pantai di Kabupaten Jepara dan kepada masyarakat pesisir yang telah hadir mendukung kegiatan Sambang Pesisir di Kabupaten Jepara.

Kapolres Jepara menyampaikan, bahwa kegiatan Sambang Pesisir dilakukan sebagai langkah dalam menjaga Harkamtibmas di wilayah Kabupaten Jepara sekaligus sebagai sarana sharing information antara masyarakat pesisir dengan Ditpolairud Polda Jateng sehingga tercipta harkamtibmas yang kondusif.

Di akhir kegiatan tersebut, dilaksanakan sesi tanya jawab oleh kelompok nelayan yang megikuti audien dan diakhiri pembagian sarana kontak secara simbolis dari Dirpolairud Polda Jateng kepada perwakilan masyarakat pesisir Kabupaten Jepara.

Berita Terkait