Dipimpin Kapolri, Kapolda Jateng dan Kapolres Jajaran Ikuti Apel Kasatwil Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar aorl Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2023 dalam rangka persiapan Polri untuk mengawal jalannya pelaksanaan Pemilu tahun 2024 bertempat di Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu, (01/11/23).

Apel Kasatwil tersebut dipimpin langsung Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang turut dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Indrawati, Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Prof Tito Karnavian, Wakapolri, Ketua KPU RI serta Ketua Bawaslu RI.

Adapun tema Apel Kasatwil 2023 ini adalah ‘Penguatan Kepemimpinan Polri yang Presisi Guna Mengamankan Tahapan Pemilu dan Agenda Nasional 2024 dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Maju’.

Apel Kasatwil ini diikuti oleh 569 orang peserta yang terdiri atas 27 orang pejabat utama Mabes Polri, 34 Kapolda se Indonesia, dan 508 Kapolres se Indonesia.

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebutkan bahwa apel Kasatwil yang diikuti seluruh pejabat utama, Kapolda, para Kapolres seluruh wilayah, untuk mempersiapkan personel Polri, baik yang di pusat maupun yang di daerah, untuk bisa mengawal dan melaksanakan tahapan pemilu yang sudah berjalan, betul-betul bisa berjalan dengan baik.

”Pengamanan harus dilakukan karena saat ini sudah memasuki tahapan pemilu. Selain itu, Polri harus mengawal program-program dalam agenda nasional,” ujar Kapolri.

Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa saat ini Polda Jateng telah siap mengawal tahapan-tahapan hingga selesai Pemilu.

”Untuk jajaran Polda Jateng hingga Polres-polres telah melaksanakan apel Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang bertujuan untuk mengecek sejauh mana kesiapan personel, ” ungkapnya.

Tidak hanya itu, saat ini pula Operasi Mantap Brata telah berjalan yang dimulai pada tanggal 19 Oktober lalu, artinya kita dari Polda Jateng telah menggelar beberapa kegiatan maupun persiapan dalam rangka mendukung pelaksanaan OMB guna menciptakan situasi menjelang Pemilu tetap kondusif.

”Kita juga terus bersinergi bersama TNI dan Pemerintah serta penyelenggara pemilu hingga masyarakat agar tercipta Pemilu Damai, Aman, lancar serta kondusif,” lanjutnya.

Ditambahkan Jenderal Bintang Dua tersebut, kita berharap selama tahapan pemilu, pelaksanaan hingga selesai bisa berjalan kondusif tanpa adanya gangguan kamtibmas di wilayah Jawa Tengah

Exit mobile version