BinkamBinmas

Aipda Yudha Pengamanan Ulambana 2023 Di Vihara Sasana Santi Peterongan

Polrestabes Semarang – Polda Jateng – tribratanews.jateng.polri.go.id | Wujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif di Wilayah binaan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Peterongan Polsek Semarang Selatan Aipda Yudha sambang dan patroli dialogis wilayah binaan, Kamis (31/08/2023).

Bertempat di Vihara Sasana Santi Jalan Peterongan Kobong Semarang, Bhabinkamtibmas Kelurahan Peterongan Aipda Yudha laksanakan sambang dan patroli dialogis wilayah binaan monitoring giat Ulambana 2023 sekaligus berikan himbauan kamtibmas untuk selalu menjaga keamanan lingkungan dilingkungan sekitar.

Perayaan ini merupakan salah satu hari suci umat Buddhis yang diselenggarakan pada tanggal pertama hingga ke-15 penanggalan Imlek. Pada hari tersebut, para Bhikkhu Sangha sedang menjalankan masa Vassa (retret selama Musim Hujan berlangsung). Setelah menjalankan masa tersebut, banyak bhikkhu yang mengalami peningkatan dalam kehidupan spiritualnya sehingga menjadi “lahan teramat subur” untuk menanam kebajikan.

Para umat Buddha yang memberikan persembahan kepada mereka akan memperoleh karma baik lebih besar daripada biasanya. Umat juga bisa melimpahkan jasa kebajikan yang diperoleh dari persembahan tersebut untuk roh leluhur mereka serta makhluk-makhluk yang menderita di alam peta (alam hantu kelaparan).

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Peterongan Aipda Yudha juga sampaikan pesan pesan kamtibmas dalam menjaga kondusifitas di tengah masyarakat agar senantiasa kordinasi dengan pihak terkait demi terciptanya kamtibmas yang kondusif serta tidak lupa juga Sosialisasi Aplikasi Libas kepada warga binaannya.

Kegiatan sambang ini rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada toga, tomas, toda maupun tokoh yang lainnya serta warga masyarakat untuk memberikan pesan-pesan dan himbauan kamtibmas.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Peterongan Aipda Yudha menitipkan beberapa pesan kamtibmas agar warga masyarakat meningkatkan kewaspadaan guna mencegah terjadinya tindak pidana kejahatan serta mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan di lingkungan tempat tinggal.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Peterongan Aipda Yudha mengungkapkan, bahwa sambang dan patroli dialogis yang dilakukan sebagai upaya Polri membangun interaksi sosial yang erat dan mesra dengan masyarakat yaitu keberadaannya menjadi simbol kedekatan antara warga masyarakat dengan polisi.

Dengan mengedepankan dan memahami kebutuhan adanya rasa aman warga masyarakat, yang lebih mengedepankan tindakan pencegahan kejahatan.

DamarSTT

Berita Terkait