Apel Gelar Pasukan Satgas Penanganan Karhutla Polres Salatiga

Polres Salatiga – tribratanews.jateng.polri.go.id | Personel Polres Salatiga bersama Pemkot Salatiga, TNI, BNPB, Satpol PP, Damkar, Tagana dan PMI melaksanakan apel gabungan dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), apel gelar pasukan dipimpin Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, 24/08/2023.
Apel gabungan ini merupakan bentuk kesiapan dalam mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Kota Salatiga dan sekitarnya, ucap AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si,  Psi, mengawali amanatnya.
Kapolres Salatiga selanjutnya  menginginkan seluruh pihak dapat bersinergi dalam mencegah terjadinya karhutla, salah satunya dengan terus memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat agar mereka sadar dan patuh terhadap setiap ketentuan yang berlaku terkait pembukaan lahan maupun pemanfaatan hutan.
“Masalah karhutla menjadi tanggunggungjawab bersama, karenanya kita diharapkan mampu mengemban tugas tersebut melalui kerjasama dan koordinasi yang baik,” ucap AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si.Psi.
Melalui kerjasama tersebut, harapnya, dapat membuahkan hasil yang diinginkan yakni mewujudkan Kota Salatiga yang bersih dan bebas dari kabut asap yang berbahaya dan berdampak pada sektor pendidikan, kesehatan, transportasi dan sebagainya akibat adanya kebakaran hutan atau lahan yang mungkin bisa terjadi baik di Kota Salatiga seperti di Gunung Payung Sidorejo, Gumuk Bendosari maupun pemukiman padat penduduk dan  wilayah sekitarnya Kota Salatiga.
“Sebagai lini terdepan, kita harus mampu melaksanakan berbagai langkah dan upaya yang tepat agar karhutla bisa diantisipasi dan dicegah,” pungkas AKBP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psi mengakhiri amanatnya.
Dalam kesempatan tersebut Kapolres Salatiga bersama Sekda Kota Salatiga dan Kepala OPD yang hadir dalam kegiatan Apel Gabungan melaksanakan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana  pendukung seperti mobil dinas Polri, Mobil Dinas Damkar, rompi, helm safety, mesin selang semprot dan lain-lain yang dimiliki masing-masing instansi  guna mengetahui kondisi dan kesiapannya dalam mengatasi karhutla.
Sekda Kota Salatiga Wuri Pujiastuti memberikan apresiasinya atas dilaksanakannya Apel Gabubungan yang dilaksanakan di Polres Salatiga sebagai antisipasi musbah karhutla, dirinya juga menyakini bahwa Kota Salatiga akan aman dari Karhutla selain jarena kondisi geogragisnya yang sangat sedikit hutan juga kesiap-siagaan seluruh instansi dan tingginya kesadaran masyarakat, ungkapnya
(Humas Polres Salatiga Polda Jateng)
Exit mobile version