BinkamYanmas

112 Kelompok Kesenian Rakyat Batang Ikut Berpartisipasi Dalam Acara Kirab Barongan

Polres Batang – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Ratusan Barongan ramaikan arak- arakan Kirab Gelar Seni dan Budaya Desa Kemiri Timur Kecamatan Subah Kabupaten Batang, Jumat (2/6/2023) bertempat di depan Klinik BTN kemiri timur. Tidak kurang dari 112 kelompok kesenian rakyat Barongan se Kabupaten Batang turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Pentas dilaksanakan di depan panggung kehormatan dan dihadiri langsung oleh Yoyok Bambang Priyambado Sanggar Greget Semarang, yang didampingi oleh Kapolsek Subah AKP H. Rofi’i dan Serma Sugiarto dari Babinsa. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komunitas Kesenian Rakyat Kabupaten Batang, dr. Miftakhul Huda.

“Setelah melaksanakan kirab, selanjutnya peserta menuju panggung kehormatan untuk pentas sesuai dengan kreasi masing-masing,” jelasnya.
Alumni Fakultas Kedokteran UKI Jakarta tersebut juga menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian rakyat yang ada di Batang.
“Menjaga dan melestarikan budaya dalam satu wadah kesenian, untuk menyatukan berbagai elemen yang memiliki visi dan misi yang sama dalam menjaga pelestarian budaya di kalangan masyarakat,” ungkapnya.

dr. Huda juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua peserta dan pihak keamanan dari Polsek, Koramil, Banser, Linmas, dan Karang Taruna.
“Terima kasih kepada Kapolsek, Danramil, rekan-rekan Banser dan Linmas atas dukungannya sehingga acara berlangsung dengan aman dan sukses,” tambahnya.
Saat pemberangkatan Kapolsek Subah Polres Batang AKP H. Rofi’i mengajak seluruh kelompok kesenian untuk menjaga ketertiban selama acara berlangsung.
“Kepada semua peserta, harap mematuhi aturan yang ada. Kita harus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di sekitar kita,” katanya.
Ia juga mengapresiasi pelaksanaan kegiatan kesenian tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh peserta dan masyarakat yang ikut berpartisipasi. Diharapkan melalui ajang silaturahmi antar kelompok ini, dapat tercipta kerukunan dan menjaga kondusivitas kamtibmas di Kabupaten Batang melalui kesenian,” tambahnya.
Salah satu anggota Kelompok Ganesha Arum Kencono dari Pejaten Rejosari Barat, Bima Asmoro Ramadanu, yang turut berpartisipasi, menyampaikan rasa senangnya dalam kegiatan ini.

“Kami merasa senang dan bangga dapat berpartisipasi dalam acara ini. Selain menyalurkan bakat dan seni, pertemuan ini juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi antar kelompok kesenian,” ungkap Bima, yang juga merupakan cucu Ki Dalang Gerong Mudo Raharjo Muhri Wibowo dari Tempuran.
Puncak Kegiatan malam ini sehabis salat  isya pentas Barongan dari tiga kelompok kesenian antara lain Group Singo Barong Roban Siluman Dari dukuh Bulu Kemiri Timur, Tata Krida Mandala dari Kemloko Kemiri Barat dan Kembar Singo Lawung dari dukuh Sumur Watu.

Berita Terkait