Yanmas

Kesenian Kuntulan Dan Tong Tong Prek Warnai Penilaian Lomba Satkamling Polres Pekalongan

Polres Pekalongan – Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id I Penilaian Lomba Satkamling dari Polres Pekalongan di Poskamling Dukuh Karangtuang Desa Bojongkoneng Kec. Kandangserang Kab. Pekalongan, Jumat (26/05).

Dalam acara itu turut hadir Kapolsek Kandangserang Ipda Slamet Riyadi, Danramil Kandangserang diwakili Serma Agus Supriyanto, Kepala Desa Bojongkoneng H. Radin, ketua FKPM Desa Bojongkoneng Khoiril Anam serta tokoh masyarakat, pemuda, agama dari warga sekitar masyarakat Desa Bojongkoneng Kec. Kandangserang Kab. Pekalongan.

Kepala Desa Bojongkoneng H. Radin saat sambutan mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada tim penilai lomba satkamling dari Polres Pekalongan dan unsur Forkompimcam Kandangserang serta warga masyarakat Bojongkoneng yang telah hadir dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba satkamling tingkat Polres Pekalongan.

“Harapan saya agar kegiatan sikamling yang sudah ada di Desa kita agar tetap berjalan sehingga desa kita menjadi aman, serta kesenian yang sudah ada di Desa bojongkoneng jangan sampai dilupakan,” ujarnya.

Sementara itu, dari Tim Penilai saat ini Kasat Binmas yang diwakilkan oleh KBO Sat Binmas Ipda Bono Raharjo bersama anggota sangat berterimakasih kepada Kades Bojongkoneng yang telah ikut serta dalam perlombaan satkamling di tingkat Polres Pekalongan. “Kegiatan satkamling merupakan salah satu upaya warga masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan, dan saya sangat mengapresiasi warga masyarakat Desa Bojongkoneng yang telah hadir,” tuturnya.

Kegiatan ini diwarnai tidak hanya penilaian administrasi yang ada di poskamling dan kemampuan petugas satkamling.

Peragaan kemampuan petugas satkamling dari beladiri taktis, penanganan pertama penemuan mayat, penanganan pertama pencurian hewan serta penyelesaian masalah kasus penganiayaan ringan oleh FKPM, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Polisi RW desa Bojongkoneng, ada juga tampilan yang cukup menarik yaitu Kesenian Kuntulan Dan Tong Tong Prek.

Sekilas Kesenian Kuntulan adalah salah satu dari warisan budaya Takbenda Indonesia dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang lokasi persebarannya berada di Kabupaten Sleman. Kesenian Kuntulan telah mendapatkan penetapan menjadi warisan budaya Takbenda sejak tahun 2017 dan masuk dalam domain seni pertunjukan. Jika mengacu pada konvensi UNESCO tahun 2003 Convention for the safeguarding of Intangible Cultural Heritage, yang telah disahkan melalui Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2007 tentang pengesahan Convention for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage. (ywrt)

Editor : Humas Polres Pekalongan

Berita Terkait