Pembinaan PersonelSamapta

Tingkatkan Ketrampilan Pengendalian Massa, Polres Blora Gelar Latihan Dalmas

Polres Blora – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Blora gelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas), Rabu(17/5/2023) pagi.

Sebelum di laksanakan pelatihan kompi dalmas para personil mendapat arahan dan teori dasar yang dipimpin Kabag Ops Polres Blora Kompol Sudarno, S.H.

Nampak terlihat personil dalam melaksanakan gerakan dalmas dengan tameng serta tanpa tameng, selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksanakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Enam materi dalam hal pengendalian massa disampaikan oleh Aipda Heriyanto, selaku Danton Dalmas kepada personil Sat Samapta adalah diantaranya, Dalmas lanjut disesuaikan dengan peragaan formasi Dalmas diantaranya, sikap Siaga, Sikap tempur, Dorong maju, Desak maju, Sikap berlindung dan Sikap Dorong maju.

Aipda Heriyanto, selaku Danton Dalmas menyampaikan Latihan dan materi dalmas yang diberikan ini bertujuan personil mampu dalam rangka penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan sekaligus untuk melatih fisik serta kesiapan personel dilapangan pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya.

“Diharapkan dengan latihan ini secara rutin setiap anggota Samapta selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota Sat Samapta,” kata Kabag Ops Kompol Sudarno.

Berita Terkait