BinkamFeaturedFrameYanmas

Polres Purbalingga Laksanakan Program Ikan Selayar

Polres Purbalingga – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Polres Purbalingga Polda Jateng melaksanakan program Ikut Andil Keselamatan Berlayar (Ikan Selayar) yang merupakan program dari Polda Jateng. Kegiatan dilaksanakan di Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong), Rabu (8/3/2023) pagi.

Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan dalam sambutannya mengatakan Program Ikan Selayar merupakan program Polda Jateng yang terbentuk atas keprihatinan terjadinya musibah laka laut atau air yang terjadi di wilayah Jawa Tengah. 

“Dari data Polda Jateng pada tahun 2022, terdapat 186 kejadian laka air dengan korban meninggal sebanyak 131 orang. Korban tersebut diantaranya disebabkan karena tenggelam, hanyut, jatuh di laut atau perairan,” ucapnya.

Disampaikan bahwa untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya laka air di objek wisata laut, danau dan perairan lainnya maka dilaksanakan program Ikan Selayar. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh polres jajaran Polda Jawa Tengah.

“Hari ini dibagikan life jaket di sejumlah objek wisata air. Hal tersebut sebagai upaya menekan angka kecelakaan di wilayah perairan. Serta, memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait keselamatan di perairan,” ucapnya.

Kapolres berharap kerja sama dan peran aktif seluruh pihak untuk senantiasa peduli dan menjadi pelopor keselamatan di wisata perairan. Sehingga dengan terjaminnya keselamatan aktivitas wisata perairan dapat memberikan pandangan positif bagi wisatawan.

“Dengan demikian dapat meningkatkan kunjungan wisata, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Sehingga program nasional pemulihan ekonomi di sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 dapat tercapai,” pungkasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga Priyo Satmoko mengatakan kami dari BPBD mengapresiasi program Ikan Selayar yang digagas Polda Jateng. Di wilayah Kabupaten Purbalingga tidak ada laut namun terdapat sejumlah sungai dan wisata air yang berpotensi terjadi kecelakaan air.

“Pada prinsipnya kami mendukung program ini dan siap membantu apabila dibutuhkan. Personel BPBD Purbalingga siap 24 jam. Namun demikian kita berharap tidak terjadi kecelakaan air di wilayah Kabupaten Purbalingga,” ucapnya.

Dalam kegiatan dilaksanakan pembagian life jaket atau jaket pelampung bagi petugas keamanan air objek wisata air di Kabupaten Purbalingga. Selain itu, diserahkan bantuan sosial bagi sejumlah masyarakat di sekitar objek wisata air.

(Humas Polres Purbalingga)

Berita Terkait