Binmas

Keluhan dan Apresiasi Disampaikan Warga Kecamatan Sragi Saat Jumat Curhat Bersama Polres Pekalongan

Polres Pekalongan – Tribratanews.jateng.polri.go.id |Jumat Curhat menjadi agenda rutin dari Polres Pekalongan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat. Kali ini, Jumat (10/02) Jumat Curhat dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan.

Acara dihadiri oleh Wakapolres Pekalongan Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsy, S.H., S.I.K., M.H beserta PJU Polres Pekalongan, Camat Sragi Slamet Riyanto, S.I.P., M.M., Kapolsek Sragi Kompol Nurcholis, Danramil Sragi kapten inf. Riyanto, Kades/ Kakel se- Kec. Sragi, serta perwakilan Toga, Tomas dan Toda Kec. Sragi.

Wakapolres Pekalongan menjelaskan, Jumat Curhat adalah Program Bapak Kapolri dimana merupakan sarana yang dibangun untuk komunikasi antara Polri dan masyarakat. “Kita tidak bisa hidup tanpa dukungan masyarakat, oleh sebab itu minta masukan khususnya hal yang perlu kita tindak lanjuti,” ujarnya.

Menurutnya, gangguan kambtibmas untuk wilayah Kec. Sragi peringkat ke tiga, dimana banyak kejadian kriminal dan kejadian laka lantas. “Maka dari itu, kepada warga bisa memberikan masukan kepada kami. Sampaikan saja sehingga dapat mengetahui keluhan dan dapat diselesaikan dengan cepat,” imbuhnya.

Berbagai pertanyaan dan keluhan pun disampaikan warga diantaranya masih maraknya balap liar, ijin hiburan, restorative justice dan gangguan kamtibmas dengan adanya orang yang sering mematikan lampu penerangan di rumah.

Dari masukan dan keluhan warga Kec. Sragi, Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsy secara langsung memberikan tanggapannya.

Terkait dengan RJ, Ia menjelaskan bahwa tidak setiap perkara pidana harus selesai di pengadilan. “Kita mendahulukan perdamaian diantara kedua belah pihak, kecuali yang tidak boleh RJ yaitu terorisme dan menghilangkan nyawa seseorang. Terkait tindak pidana korupsi kami sudah ada intruksi dari Presiden. Silahkan dibantu untuk informasi terkait tindak pidana,” tuturnya.

Untuk maraknya balap liar, Wakapolres meminta peran serta masyarakat memberikan imbauan dan pencegahan. “Sedangkan untuk represif terkait balap liar itu termasuk Tupoksi kami,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsy akan menindaklanjuti terkait dengan adanya gangguan kamtibmas terkait warga yang mematikan lampu.

“Untuk perijinan, pihaknya akan melihat kerawanan daerah masing-masing,” tambah Wakapolres.

Dalam kesempatan itu pula, peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa mendapatkan apresiasi dari Ketua Paguyuban Prajakusuma Gunawan yang tak lain Kepala Desa Bulaksari.

“Kolaborasi TNI dan Polri ditingkat bawah kami apresiasi yaitu antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujarnya. (afk)

Berita Terkait