Binkam

Kapolres PurbaIingga Pastikan Isu Penculikan Anak di Purbalingga Hoaks

Polres Purbalingga – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Marak isu penculikan anak beredar melalui media sosial maupun pesan berantai di Kabupaten Purbalingga. Setelah dilakukan pengecekan oleh pihak kepolisian, dipastikan isu tersebut tidak benar atau hoaks.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan, Rabu (1/2/2023) siang.

“Informasi atau berita adanya kasus penculikan anak yang terjadi di Purbalingga adalah berita hoaks atau tidak benar,” tegasnya.

Disampaikan bahwa pihak kepolisian sudah melakukan pengecekan di lokasi yang diisukan terjadi penculikan anak. Selain itu, memintai keterangan sejumlah saksi termasuk tokoh masyarakat.

“Hasil pengecekan, tidak ada kejadian atau peristiwa penculikan seperti yang dikabarkan,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, hingga saat ini tak ada laporan kasus penculikan anak yang masuk ke pihaknya. Jadi berita yang disebarkan melalui media sosial atau whatsapp dipastikan berita bohong.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya berita hoaks. Apalagi mudah menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya tersebut yang berakibat menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

“Karena pelaku yang terbukti menyebarkan berita hoaks, bisa diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Menurutnya, jika tidak yakin terkait informasi yang diterima, silahkan bisa kroscek langsung kepada pihak kepolisian. Bisa datang langsung ke Polres Purbalingga dan jajarannya, atau melalui telepon ke hotline 110.

Kapolres berpesan, walaupun belum ada kejadian penculikan anak di Kabupaten Purbalingga, masyarakat diminta untuk tetap waspada. Orang tua harus tetap menjaga dan mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari berbagai tindak kejahatan.

Berita Terkait