Binkam

Polsek Grabag Amankan Rangkaian Kegiatan Merti Dusun Bleder

Polresta Magelang – Tribratanews.jateng.polri.go.id | MAGELANG – Dalam rangka menyambut “Merti Dusun”, masyarakat Dusun Bleder Desa Ngasinan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang mengadakan acara pentas musik Orkes Melayu, Senin (21/11/2022). Mendatangkan Orkes Melayu (OM) Satria Nada dari Desa Pakisdadu, Kecamatan Pringsurat, Kabupayen Temanggung pimpinan sdr. Pahrodin.

Merti Dusun sering disebut juga dengan bersih Desa, hakikatnya sama dengan makna simbol rasa syukur masyarakat kepada sang Pencipta atas apa yang telah diberikan. Karunia tersebut dapat berupa rejeki yang melimpah, keselamatan, ketentraman, serta keselarasan hidup di dunia.

Ratusan penonton memadati lokasi pertunjukan Orkes Melayu di Dusun Bleder yang berlangsung dari pkl.20.00 wib hinga selesai pkl.24.00 wib. Dengan pengamanan dari anggota Polsek Grabag Polresta Magelang sebanyak 6 personil, anggota Patroli Polresta Magelang 3 personil dan dari Karang Taruna Dusun setempat sebanyak 90 orang.

Sebelum pentas OM dimulai Kanit Binmas Polsek Grabag Iptu Anjar Prahasto, SH yang memimpin pengamanan berkenan naik panggung pentas menyampaikan himbauan Kamtibmas. Silakan menonton dengan tertib, dilarang minum minuman keras apalagi membawa senjata tajam, jangan sampai rangkain acara Merti Dusun yang baik ini dinodai dengan melakukan perbuatan yang melanggar hukum, terang Iptu Anjar Prahasto,SH.

Semoga apa yang menjadi harapan masyarakat khususnya warga Dusun Bleder melalui kegiatan tradisi Merti Dusun yaitu berupa rejeki yang melimpah, keselamatan, ketentraman, serta keselarasan hidup di dunia akan terkabul, imbuhnya.

Dari mulai hingga selesai pagelaran pentas musik Orkes Melayu Satria Nada dalam rangka Merti Dusun berjalan aman, lancar, situasi Kamtibmas kondusif.

Berita Terkait