Polres Tegal – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at, S.I.K. yang diwakili oleh Kabag SDM Kompol Nita Febrianti, S.T.,S.I.K. Membuka Pelatihan Kemampuan Etika Pelayanan Publik Jilid II di gedung pertemuan Sasana Sabda Bhayangkara (SSB) Polres Tegal. Selasa, (22/11/2022), setelah Rabu, 9 November 2022 lalu digelar
Kegiatan tersebut diikuti oleh anggota Polres Tegal yang ditugaskan sebagai petugas pelaksana pelayanan publik baik dari Polsek maupun Polsek jajaran. Menurut Kompol Nita Febrianti, S.T., S.I.K.
“Menjadi pelayan yang bersikap ramah, berempati, dan bisa memberikan solusi terhadap keluhan masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,“ katanya
selain Kompol Nita Febrianti, S.T., S.I.K. Pemimpin Bank Jateng Cabang Slawi Fachrudin Arif, S.P, S.Psi, M.Si sebagai narasumber materi etika pelayanan publik. Pelayanan publik yang disosialisasikan meliputi satlantas (SIM, STNK/SAMSAT, dan Laka Lantas) Satintelkam (Pelayanan SKCK) Pelayanan SPKT, Satreskrim, dan satresnarkoba (pelayanan Pendidikan tindak pidana) Pemimpin Bank Jateng Cabang Slawi Fachrudin Arif, S.P, S.Psi, M.Si sebagai narasumber materi etika pelayanan publik. Pelayanan publik yang disosialisasikan meliputi satlantas (SIM, STNK/SAMSAT, dan BPKB) Satintelkam (Pelayanan SKCK) Pelayanan SPKT, Satreskrim, dan satresnarkoba (pelayanan Pendidikan tindak pidana), dan SPKT Polsek jajaran .
Etika pelayanan publik merupakan softskil yang wajib dimiliki oleh setiap petugas pelayanan publik. para petugas pelayanan publik wajib memberikan senyum, salam dan sapa saat bertemu masyarakat dan melayani dengan sopan serta santun. Dalam berinteraksi wajib menggunakan bahasa yang komunikatif, menampilkan keceriaan dan semangat sehingga masyarakat tidak jenuh.
Petugas pelayanan publik juga wajib menguasai persyaratan, mekanisme, jangka waktu dan serba-serbi terkait pelayanan publik yang diselenggarakan. Apabila masyarakat bertanya permasalahan seputar pelayanan petugas pelayanan publik dapat menjawab dengan baik. Wakapolres Tegal Kompol Didi Dewantoro, S.H., S.I.K., M.A.P., menambahkan, “ini merupakan agenda rutin yang kami laksanakan di Polres Tegal sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik zona integritas Polres Tegal menuju WBK dan WBBM.”