Binmas

Warga Di Blora Diimbau Waspda PMK Dengan Menjaga Kebersihan Kandang Ternak

Polres Blora – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Dalam rangka mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, Polres Blora Polda Jawa Tengah memberdayakan anggota Bhabinkamtibmas untuk aktif sambang ke desa binaan, Minggu, (15/05/2022).

Pemantauan dilakukan Babhinkamtibmas yang di wilayah desa binaannya yang memelihara hewan ternak seperti sapi. Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Aipda Teguh DY yang bertugas di Desa Temurejo Kecamatan Blora menyambangi peternak sapi.

Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah,SH,MH melalui Kasi Humas AKP Budi Yuwono mengatakan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, pihaknya melakukan langkah pemantauan dan pengawasan. Kegiatan ini dilakukan disejumlah peternakan sapi yang ada di Blora.

“Kami terjunkan Bhabinkamtibmas untuk menyambangi peternak sapi, tentunya bersinergi bersama instansi terkait,” terang Kasi Humas AKP Budi Yuwono.

Kami mengimbau pada peternak sapi untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan ternak, agar terhindar dari penyakit, terutama penyakit mulut dan kuku.

Kami edukasi warga agar selalu menjaga kebersihan kandang. Selain itu tak kalah penting kami ingatkan agar pola makan hewan juga diperhatikan sehingga kesehatan hewan terjaga,” bebernya.

Ia berharap para peternak sapi waspada terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak peliharaannya.

“Diharapkan selalu berkoordinasi, apabila ternaknya terjangkit penyakit mulut dan kuku segera memberitahukan kepada perangkat desa untuk diteruskan kepada instansi terkait agar tidak menyebar ke hewan yang lain,” tandasnya.

Aipda Arip Nirwanto, S.H. (Humas Polres Blora)

Berita Terkait