Binkam

Cegah PMK, Polres Grobogan Bentuk Satgas

Polres Grobogan – tribratanews.jateng.polri.go.id | Polres Grobogan bersama Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Dinas Peternakan bekerja sama dan BPBD setempat melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaku (PMK), di Pasar Hewan Ketangirejo Kecamatan Godong, Kamis (12/5).

Kegiatan penyemprotan disinfektan di pasar-pasar hewan tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaku (PMK) setelah ditemukan 15 ekor hewan sapi di Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali dinyatakan positif PMK.

Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi untuk mengantipasi adanya penyebaran wabah penyakit mulut dan kaku (PMK) di wilayah Kabupaten Grobogan, pihaknya telah membentuk satgas yang terdiri dari Polres, Kodim, Satpol PP, Dinas Peternakan, BPBD dan Disperindag Kabupaten Grobogan.

Tugasnya melakukan pengawasan hewan ternak yang ada di wilayah Kabupaten Grobogan serta melakukan tindakan pencegahan lainnya.

‘Salah satunya kegiatan penyemprotan disinfektan di pasar hewan Ketangirejo,” kata Kapolres.

Kendati demikian, pihaknya mengimbau kepada para pedagang hewan ternak untuk ikut menjaga kebersihan hewan dan kandang. Hal tersebut perlu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah tersebarnya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Riyanto mengemukakan Polres Grobogan memprakarsai pembentukan satgas guna mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kaku (PMK) yang saat ini sudah merebak di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Karena penyakit ini berdampak secara ekonomis, maka kita perlu antisipasi jangan sampai masuk di Kabupaten Grobogan,” kata Riyanto

Salah satunya kegiatan penyemprotan disinfektan dan pemberian pemahaman kepada masyarakat, pedagang ternak bahwa perlu diantisipasi penyakit ini.

“Bila ternaknya ada gejala penyakit PMK diimbau untuk segera melapor ke Dokter Hewan Sekitar, jangan dijual karena akan menjadi sumber penularan hewan lainnya,” tambah Riyanto.

Berita Terkait