Binmas

Antisipasi PMK, Polsek Bojongsari Patroli di Sejumlah Peternakan Sapi

Polres Purbalingga – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Dalam rangka antisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di wilayah Kecamatan Bojongsari, Polsek Bojongsari melaksanakan pemantauan. Pemantauan dilakukan di sejumlah peternakan sapi saat melaksanakan patroli wilayah.

Kapolsek Bojongsari AKP I Made Nergo mengatakan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi, pihaknya melakukan langkah pemantauan. Pemantauan dilakukan di sejumlah peternakan sapi wilayah Kecamatan Bojongsari.

“Saat patroli kami menyambangi sejumlah peternakan sapi yang ada di wilayah Kecamatan Bojongsari. Untuk memantau ada tidaknya kasus penyakit mulut dan kuku yang terjadi,” jelasnya, Rabu (11/5/2022).

Disampaikan bahwa hasil pemantauan di sejumlah peternakan sapi tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku. Namun demikian kami sampaikan imbauan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut menyerang ternak sapi warga di wilayah Kecamatan Bojongsari.

“Kami imbau pemilik peternakan sapi untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melapor,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan di wilayah Kecamatan Bojongsari ada kurang lebih empat lokasi peternakan sapi skala sedang dan besar. Disamping itu, ada juga ternak yang dipelihara mandiri oleh warga baik sapi, kerbau maupun kambing.

“Adanya potensi penyakit tersebut kami akan terus melakukan pemantauan. Selain itu, berkoordinasi dengan pemilik peternakan sapi maupun dinas terkait. Termasuk melibatkan Bhabinkamtibmas untuk memantau di desa binaan masing-masing,” pungkasnya.

(Humas Polres Purbalingga)

Berita Terkait