Binmas

Pelihara Kamtibmas Saat Ramadhan, Polres Sukoharjo Dorong Pam Swakarsa

Polres Sukoharjo – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Polres Sukoharjo menggelar Apel Satkamling (Satuan Kemanan Lingkungan) di Halaman Mako Polres, Senin (28/3/2022).

Apel tersebut mengambil tema “Menyambut Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Melalui Peningkatan Kepedulian Sosial Menuju Polri Presisi”.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menjelaskan, pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pada hakekatnya merupakan rangkaian upaya pemeliharaan ketertiban umum, penanggulangan kejahatan dan perlindungan warga terhadap kejahatan dan bencana.

“Sebagaimana kita ketahui, situasi keamanan dalam negeri saat ini tidak hanya diwarnai dengan kejahatan konvensional, namun sudah berkembang dengan munculnya kejahatan yang sifatnya transnasional seperti terorisme, narkoba, penyelundupan, perdagangan manusia dan lain sebagainya. dalam menghadapi berbagai tantangan kamtibmas tersebut, polri sebagai ujung tombak harkamtibmas tentunya tidak mampu bekerja sendirian,” jelasnya.

“Untuk itu, diibutuhkan peran aktif dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman sebagai salah satu syarat terselenggaranya proses pembangunan nasional,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kapolres menerangkan, peran serta masyarakat dalam pemeliharaan Kamtibmas secara umum telah diatur dalam UUD 1945 pasal 30 ayat 1 dan secara khusus diatur dalam UU no 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, pasal 3 ayat 1 yang mana dinyatakan bahwa pengemban fungsi kepolisian adalah polri dengan dibantu Polsus, PPNS dan bentuk-bentuk Pam Swakarsa.

Salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam pam swakarsa adalah dengan adanya suatu upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengutamakan tindakan pencegahan serta menangkal bentuk-bentuk ancaman gangguan Kamtibmas yang tergabung dalam sebuah sistem bernama Satkamling.

Melalui Satkamling, ujar Kapolres, masyarakat diharapkan mampu secara swakarsa untuk menganalisa, mencari solusi serta memecahkan berbagai bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas di lingkungannya.

“Mari kita bangun komitmen bersama untuk meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif melalui kegiatan Satkamling,” ujar Kapolres.

Pada kesempatan tersebut, Polres Sukoharjo juga memberikan penghargaan kepada 15 relawan yang telah membantu polri dalam penanganan Covid-19 di wilayah Sukoharjo. Seperti relawan pendampingan pasien Covid-19, relawan dukungan ambulan, relawan pemakaman korban Covid-19, serta Danar Super Isoman, yang memberikan hiburan kepada anak yatim piatu korban Covid-19.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan terimakasih kepada relawan yang telah berjuang sekuat tenaga dalam membantu penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” jelas Kapolres.

Berita Terkait