FeaturedFrameHeadlineLantasMitra Polisi

Jateng Raih Penghargaan Sebagai Influencer ETLE Nasional Presisi dari Kapolri

Polda Jateng – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, mendapatkan penghargaan dari Kepolisian Republik Indonesia sebagai Influencer Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Nasional di Jawa Tengah. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., kepada Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat ETLE tahap II di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (26/03/2022).

Usai acara Kapolri menyampaikan apresiasi kepada pimpinan daerah yang mau memberikan dukungan terhadap Polri dalam penerapan ETLE. Menurutnya, dukungan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem berbasis digital.

“Kami ucapkan terima kasih kepada para pimpinan daerah dan rekan-rekan mitra yang terus mendorong. Dan kami ingin program ETLE dan layanan berbasis digital bisa terus kita kembangkan, sehingga bisa menurunkan angka kecelakaan,” kata Kapolri.

Kapolri mengungkap program ETLE dan layanan berbasis digital lainnya juga diharapkan dapat menekan angka penyimpangan anggota saat bertugas. Sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan secara prima.

“Sehingga penyimpangan anggota, bisa kita perkecil. Dan pelayanan kepada masyarakat dapat terus kita tingkatkan,” tambahnya.


Menambahkan, Taj Yasin menyampaikan Pemprov Jateng mendukung penuh upaya Polri menerapkan ETLE di Jawa Tengah. Menurutnya, apabila ETLE dikembangkan sampai ke wilayah kabupaten/kota, akan efisien untuk menekan angka kecelakaan.

“Saya mewakili Mas Ganjar mendukung diterapkannya ETLE Nasional Presisi pada tahun 2022. Kami berharap ini dikembangkan lagi sampai daerah kabupaten/kota. Kami mendorong betul, kami ingin mempererat kerjasama,” kata Taj Yasin.

Wagub menambahkan, penerapan sistem ETLE ini merupakan wujud komitmen Polri dalam menekan angka pelanggaran lalu lintas. Selain itu, juga untuk menghilangkan praktik pungutan liar oleh oknum-oknum yang merugikan masyarakat.

Kata dia, di Jawa Tengah sudah terpasang sistem ETLE di 21 titik. Dia menilai perlu ada pengembangan sehingga bisa lebih banyak lagi titik lalu lintas yang terpantau.

“Ini menjawab keluh kesah kita bersama. Masyarakat bisa tertib, dan tidak ada pikiran negatif dari masyarakat terhadap Polri,”kata dia.

Dalam acara peluncuran itu, Jawa Tengah juga mendapat penghargaan dengan kategori Pengembangan ETLE Mobile Dengan Kinerja Terbaik yang dilakukan oleh Polda Jateng.

Selain Provinsi Jawa Tengah, ada tiga provinsi lainnya yang memperoleh penghargaan. Ketiganya adalah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Jawa Timur juga menerima penghargaan secara langsung.

Berita Terkait