FeaturedFrameHeadline

Kapolres Sukoharjo Kembali Salurkan Bansos, Kali Ini Warga Lereng Pegunungan Jadi Sasarannya

Polres Sukoharjo – Tribratanews.jateng.polri.go.id | Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mendatangi Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa sembako kepada masyarakat terpencil terdampak PPKM Darurat dimasa pandemi, Kamis (22/7/2021).

“Bansos ini dilakukan sesuai arahan dari Pak Kapolri untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaan kepada warga terdampak PPKM darurat khususnya di daerah terpencil yang sulit dijangkau,” kata Kapolres.

Pandemi ini, lanjutnya, membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan. Meskipun sisanya juga ada yang masih bekerja, namun penghasilannya menurun drastis akibat PPKM Darurat.

“Warga yang mendapat sentuhan bansos kemanusiaan terdiri beragam profesi. Ada dari petani, penyandang disabilitas, hingga warga yang kehilangan pekerjaan,” terang Kapolres.

Sementara, Kapolsek Bulu AKP Mulyanta menambahkan, dukuh pelosok yang menjadi tujuan untuk penyaluran bansos tersebut merupakan hasil pemetaan para babinsa dan Babinkantibmas yang sudah mengetahui medan wilayahnya.

“Warga di wilayah Desa Kedungsono ini sekitar 40% bekerja di perantauan, sisanya ada yang berladang menanam palawija dan bertani. Jika dilihat dari tingkat sebaran corona, wilayah disini masuk zona hijau,” pungkasnya.

Diawal virus merebak dan pemerintah mulai membelakukan pembatasan aktivitas masyarakat, Kapolsek mengaku perlu waktu lama untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi.

“Kasus corona di wilayah ini, mayoritas dibawa oleh para perantau ketika pulang kampung. Namun begiotu, saat ini kesadaran warga untuk taat prokes sudah mulai muncul,” ungkapnya.

Diketahui, untuk menjangkau pemukiman warga di Dukuh Ngemplak ini, mobil rombongan Kapolres tidak bisa langsung menuju lokasi. Agar sampai di rumah warga penerima bansos, Kapolres masih harus berjalan kaki naik turun jalan setapak.

Berita Terkait